Djarum Foundation Bakti Budaya, "Lakon Sang Saka"

BANDAR LAMPUNG, katalampung.com - Teater Keliling kali ini hadir di Lampung. Bertempat di Kampus Unila Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), mereka menampilkan pertunjukan berjudul "Sang Saka". Mendapatkan dukungan dari Djarum Foundation, Teater Keliling dengan Judul Sang Saka sebelumnya sudah tampil di Surabaya, Malang, Bali, Makassar.

Djarum Foundation Bakti Budaya, "Lakon Sang Saka" www.katalampung.com
Foto IST. Teater Keliling dalam menampilkan Sang Saka.
Naskah Sang Saka merupakan karya Rudolf Puspa dan Dolfry Indra Suri, yang disutradarai oleh Rudolf Puspa. Berkisah tentang tiga orang sahabat yang bertemu kembali untuk berpetualang mencari harta karun. Dalam perjalanan memburu harta karun, terbukalah rahasia dari setiap diri mereka dan menjawab penyebab mengapa mereka menjadi pemuda-pemudi bangsa yang lupa diri dan memupuskan rasa cintanya terhadap negeri.

Harta karun berhasil mereka temukan, akan tetapi harta karun tersebut bukanlah yang mereka bayangkan. Harta itu menuntun mereka ke sebuah dimensi waktu imajiner detik proklamasi kemerdekaan yang membuka kembali mata dan hati mereka akan pentingnya peran dalam membentuk bangsa ini menjadi sebuah bangsa yang benar-benar merdeka.

Menurut Dofry Indra Suri, , Ketua Yayasan Teater Keliling, pertunjukan teater kali ini lebih mengekspos momentum kemerdekaan dan nilai sejarah detik-detik proklamasi 1945. "Sekaligus kita semarakkan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72," ujar Dofry seusai acara.

Sebelum singgah ke Lampung, Teater Keliling memulai pementasan Sang Saka di Taman Budaya Cak Durasim, Surabaya pada 6 Agustus dan berlanjut ke Malang di Gedung C UIN Maulana Malik Ibrahim, Sasana Budaya Singaraja, Bali dan Gedung Kesenian Societeit De Harmonie, Makassar.

Terpisah, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengatakan, sebagai industri rokok terbesar, PT Djarum berkomitmen turut serta memajukan bangsa. "Apalagi Teater Keliling ini turut serta memperkenalkan budaya Indonesia. Bahkan sampai mancanegara," ujar Renitasari.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), sambung Renitasari, PT Djarum juga berpartisipasi dalam lima bakti, antara lain Bakti Sosial, Bakti Olahraga, Bakti Lingkungan, Bakti Pendidikan, dan Bakti Budaya. "Semua program dari Djarum Foundation adalah bentuk konsistensi Bakti pada Indonesia," tutup dia. (nai)
Diberdayakan oleh Blogger.