Jelang Idul Adha, Peternak Kambing Siapkan Stok

BANDARLAMPUNG, katalampung.com-Menyambut Idul Adha, Himpunan Peternak Domba kambing Indonesia (HPDKI) Provinsi Lampung telah mempersiapkan sebanyak 1000 ekor kambing dan 200 ekor sapi sebagai Hewan Qurban. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris HPDKI Lampung Adilatama Belapasya saat dihubungi katalampung.com.

Jelang Idul Adha, Peternak Kambing Siapkan Stok www.katalampung.com
Foto (1) Adilatama Belapasya Sekretaris HPDKI Provinsi Lampung
"Kami menjalin kemitraan dengan Pemda, BUMN dan stakeholder yang ada supaya bisa berkelanjutaan. Kemudian kami juga mempersiapkan tabungan qurban sejak setahun yang lalu yang ditabungkan sesuai kemampuan masyarakat," kata Bela.

Terkait masalah pemasaran dan distribusi, Bela menjelaskan, di Bandar Lampung akan dibuka lapak di beberapa titik strategis. Lapak sendiri akan mulai dibuka 10 hari sebelum hari H. Titik Lokasi pemasaran diperkirakan di sekitaran Kecamatan Sukarame, Keluragan Susunan Baru, wilayah Teluk Betung dan Kecamatan Panjang.

Sedangkan untuk luar kota Bandarlampung, HPDKI kabupaten/Kota juga menggelar bazar hewan Qurban seperti di Tanggamus, Lampung tengah dan Lampung Selatan. 

"Sumber daya kita di tiap daerah juga cukup besar. Daya beli masyarakat di daerah juga lumayan tinggi. Ada tiga daerah dengan Serapan pasar yang tinggi yaitu Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus. Tiga daerah inilah daerah penyangga peternakan kambing dan sapi lokal (PO)," jelas Bela.

Tingginya serapan pasar lokal, disambung Bela, dipengaruhi oleh menurunnya permintaan dari luar Lampung. "Daerah Serang, Depok, kepulauan Riau untuk tahun ini agak menurun daya serapnya. Penjualan tahun ini lebih banyak ke Palembang, Jambi dan di Provinsi Lampung sendiri." Kata Bela

Jelang Idul Adha, Peternak Kambing Siapkan Stok www.katalampung.com
Foto (2) Sekretaris HPDKI Provinsi Lampung Adilatama Belapasya saat berada di peternakan sapi

Sementara untuk harga, Bela mengaku pihaknya mematok harga terjangkau bagi para calon pembeli. "Untuk harga masih relatif murah dari harga 1,8 juta /ekor sampai harga 5 juta/ekor untuk kambing. Tergantung kemampuan beli masyarakat"tutup Bela (gsu)
Diberdayakan oleh Blogger.