Kapolres Way Kanan Sudah Minta Maaf

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Kapolres Way Kanan AKBP Budi Asrul Kurniawan akhirnya mendatangi Mapolda Lampung untuk menjalani pemeriksaan. Hal ini terkait adanya aduan dari berbagai organisasi profesi wartawan yang menyesalkan ucapan Sang Kapolres yang dianggap menghina profesi wartawan.

Kapolres Way Kanan Sudah Minta Maaf

Disela-sela waktu pemeriksaan oleh Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Lampung. Kapolres Way Kanan AKBP Budi Asrul Kurniawan bersedia diwawancarai oleh awak media seputar pemeriksaan dirinya.

Dalam keterangannya, pada saat kejadian, Polres Way Kanan sedang melakukan uji coba perihal jam dan tonase terhadap truck pengangkut batu bara di Simpang 4, kilometer 9, Negeri Baru, Blambangan Umpu, Way Kanan.

Pada saat itulah, dia didatangi oleh Wartawan Radar TV Dedy Tarnando dan Wartawan Tabikpun.com Dian Firasta. Pada saat itu wartawan meminta untuk direkam, tetapi tidak mendapat izin oleh Kapolres karena situasi yang sudah gelap dan kekhawatiran jika ucapannya dipelintir.

Dilanjutkan Kapolres, dirinya bersama dua orang wartawan tersebut berbincang santai. Pada saat itulah, hasil obrolan direkam tanpa sepengetahuan dan persetujuan Kapolres. Kapolres mengakui, apa yang diucapkan dalam obrolan itu memang benar ucapan nya kecuali tentang "Koran Lampung" yang dipelintir menjadi "Orang Lampung". Atas hal tersebut dirinya mengakui kesalahan dan sudah meminta maaf.

"Profesi itu baik wartawan maupun polisi ada yang baik dan ada juga yang jelek, namun karena ulah yang jelek ini maka terkena imbas semuanya," ujarnya.

Atas kesalahannya, AKBP Budi Asrul Kurniawan pun menyatakan siap untuk bertanggungjawab dan menerima konsekuensi. "Saya bersedia untuk menjalani pemeriksaan dan akan bertanggungjawab sepanjang hal itu betul saya lakukan," tegasnya.

AKBP Budi Asrul Kurniawan juga berpesan kepada rekan media agar lebih bijaksana dalam menentukan pernyataan mana yang pernyataan resmi dan mana yang tidak. Terkait pernyataan yang salah itu, dirinya mengakui kesalahannya. Dia juga juga mengajak semua pihak untuk menginstropeksi diri. (is)
Diberdayakan oleh Blogger.