Gerbang Desa Saburai 2017: Pekon Rigis Jaya Membangun

LAMPUNGBARAT, katalampung.com - Masyarakat Kabupaten Lampung Barat, khususnya warga pekon Rigis Jaya mengucapkan terimakasih kepada Bpk Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, S. PI., M. Si.  atas pembangunan di Pekon Rigis Jaya yang di danai melalui program Gerakan Membangun  (Gerbang) Desa Saburai Tahun 2017 .

Gerbang Desa Saburai 2017: Pekon Rigis Jaya Membangun
Foto: Pembangunan di Pekon Rigis Jaya, Lampung Barat

“Kami mewakili seluruh masyarakat Pekon Rigis Jaya, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini Gubernur Lampung Bapak M. Ridho Ficardo, dengan program Gerbang Desa Saburai pembangunan pekon kami semakin terlihat. Dan saat ini kami selaku masyarakat sudah merasakan manfaat pembangunan itu,” kata warga Pekon Rigis Jaya, Zainudin (35) didampingi masyarakat lainnya seperti Sudadi (51) Kusdi (55) Jasmin (54) Ali Nur Rohman (27) Samino (56) Haryono (40) Slamet Riyadi (39)", Kamis (28/9) lalu.

Bapak Khaulan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) pekon Rigis Jaya mengatakan, atas pembangunan melalui Gerbang Desa Saburai itu, jalan Pekon di Rigis Jaya semakin layak, begitu juga untuk mengangkut hasil tani untuk dipasarkan, petani semakin mudah.

“Ya, salah satunya jalan tanjakan  menuju dusun IV ini, Sebelum dibangun, jalan ini hanya bisa dilalui motor. Namun sekarang, semenjak di rabat beton, kendaraan roda empat telah bebas keluar masuk,” Kata Khaulan.

Khaulan mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Lampung di bawah kepemimpinan Gubernur Ridho Ficardo dalam mengutamakan pembangunan desa tertinggal, melalui dana Gerbang  Desa Saburai.

Sementara itu, Fasilitator Gerbang Desa Saburai Pekon Rigis Jaya Fahrul Aksah,S. Pd., M. Si. didampingi (plt) Peratin Rigis Jaya Suparyoto ketika di tanya perihal pengalokasian Dana Gerbang Desa tahun anggaran 2017 mengatakan, dana Gerbang Desa Saburai Tahun 2017 sebesar Rp 240.000.000, dialokasikan sebanyak 2 kegiatan yaitu pembangunan perkerasan jalan rabat beton sepanjang 315 m x 3 m x 15 cm dan drainase 50 m.

Dana tahap pertama sebesar Rp.  96.000.000,- dan tahap II  Rp. 96.000.000, ini pun sudah cair dan sudah digunakan. Penggunaan dana pada tahap ini dengan rincian: Rabat Beton sebesar 132.000.000 rupiah, Drainase sebesar 45.000.000 rupiah,  Operasional dan honor TPK sebesar 13.675.000 rupiah.
 
Khaulan dan Riduan Mihadi selaku TPK lagi-lagi menambahkan, bahwa di daerah Rigis Jaya dapat dikatakan 99 persen penduduknya itu adalah petani,  dan kondisinya jalan-jalan pertanian disini masih banyak yang harus dibenahi, agar memudahkan akses masyarakat untuk ke lahan pertanian mareka,"kami berharap tahun 2018 program Gerbang Desa Saburai ini dilanjutkan, karena sangat membantu". Ungkap Mareka. (rls)
Diberdayakan oleh Blogger.