Michael van der Mark Akan Gantikan Valentino Rossi Di MotoGP Aragon

SPANYOL, katalampung.com - Pihak Yamaha secara resmi telah mengkonfirmasi rumor yang beredar mengenai siapa pembalap pengganti Valentino Rossi untuk Seri MotoGp Aragon. Pembalap Super Bike dari Team PATA Yamaha, Michael van der Mark akhirnya dipilih dan akan menjalani debut balapan perdana MotoGp menggantikan Valentino Rossi di seri Aragon 24 September mendatang.

Michael van der Mark Akan Gantikan Valentino Rossi Di MotoGP Aragon
Foto: Michael van der Mark. Sumber foto: dapurpacu.com
Seperti diketahui sebelumnya bahwa Rossi mengalami patah kaki kanan di bagian fibula dan tibia  saat latihan enduro pada tanggal 31 agustus lalu. Akibatnya Rossi tidak bisa mengikuti balapan kandangnya di seri Misano lalu. Menurut perkiraan dokter  cideranya akan pulih dalam kurun waktu selama 40 hari.

Sesuai dengan peraturan dari DORNA sebagai penyelenggara resmi balap MotoGp, Yamaha diwajibkan mencari pembalap pengganti Rossi di Aragon.

“Menyusul kecelakaan yang di alami Valentino Rossi pada rabu 31 agustus 2017, kami dari pihak Yamaha memutuskan untuk tidak mengggantikan Rossi di balapan MotoGp seri San Marino, akan tetapi untuk seri selanjutnya di GP Aragon Tim Yamaha diwajibakan untuk memasukkan dua pembalap” demikian yang dikatakan Lin Jarvis sebagai Yamaha Racing Managing Director.

“Kelihatannya mustahil bagi Valentino untuk  berada dalam kondisi fit di balapan Aragon nanti, Yamaha memutuskan mencari pembalap pengganti yang mumpuni dari dalam keluarga Yamaha Racing sendiri,” ujar Lin Jarvis

Menurutnya, dukungan terbaik dan harapan mereka berikan pada van der Mark agar sukses dalam kesempatan itu. Mereka juga berharap agar Valentino segera pulih dan bisa melihatnya kembali menunggangi YZR-M1 sesegera mungkin.

Sedangkan van der Mark mengungkapkan perasaan senangnya saat  ditunjuk menjadi pembalap pengganti Valentino Rossi.

“Saya sangat senang diberikan  kesempatan untuk mengendarai YZR-M1 di seri GP Aragon nanti, saya belum pernah mengendarai motor MotoGp sebelumnya, jadi hal ini akan menjadi pengalaman yang benar-benar baru untuk saya”.

“Saya sangat penasaran untuk melihat bagaimana rasanya mengendarai mesin yang seperti itu, saya sadar hal tersebut tidak akan mudah, langsung menuju sesi free practice tanpa tes sebelumnya. Bagaimanapun saya sangat berterima kasih kepada Yamaha untuk kesempatan yang diberikan, saya yakin hal ini akan menjadi pengalaman yang hebat.”

Sebagai informasi tambahan, Van Der Mark naik ke kelas Super Bike tahun 2016 dengan Tim Ten Kate Honda, sebagai juara dunia kelas Super Sport 600cc pada tahun 2015.

Setelah menjalani musim 2016 dengan empat kemenangan dan sembilan podium, pembalap berusia 24 tahun tersebut pindah ke tim resmi Yamaha WorldSBK. Pencapaian terbaiknya dengan yamaha yaitu finish di posisi empat, dan hampir menang de seri Misano WorldSBK sebelum akhirnya gagal finish akibat kesalahan teknis pada bannya.

Pada klasemen sementara WorldSBK Van Der Mark menduduki peringkat tujuh, dua peringkat di bawah rekan setimnya Alex Lowes.

Rossi diperkirakan akan siap dan fit untuk balapan selanjutnya di seri MotoGp Jepang 15 Oktober nanti, yaitu 42 hari setelah kecelakaan yang menimpanya.(fdl)
Diberdayakan oleh Blogger.