Satu Lagi Rumah Sakit Berdiri di Lampung

LAMPUNG SELATAN, katalampung.com - Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo meresmikan UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Bandar Negara Husada, di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (07/09) kemarin.


Foto: Peresmian UPTD RSUD Bandar Negara Husada, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Kamis (07/09). Dok. Humas Prov. Lampung

Dalam acara seremonial tersebut, hadir Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, Kadis Kesehatan, Perwakilan Rumah Sakit Provinsi Lampung, BPJS, serta jajaran Forkopimda Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Ridho berharap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandar Negara Husada dapat menjadi rujukan, tumpuan, dan mampu memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta sebagai Rumah Sakit tanpa kelas terbaik, di Lampung, bahkan di Indonesia.

Ridho Ficardo juga menyatakan bahwa telah menjadi kewajiban Pemerintah Provinsi Lampung untuk menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat.

"Kita harus mampu melakukan akselerasi untuk meningkatkan kualitas rumah sakit, terutama dari segi pelayanam, perlengkapan dan peralatan." ujar Ridho

Ridho melanjutkan, RSUD Bandar Negara Husada disiapkan untuk menunjang RSUD Abdul Moeloek yang saat ini sudah sering mengalami kelebihan kapasitas. Dengan adanya Rumah Sakit ini, diharapkan dapat memberikan dukungan layanan cepat-terpadu kepada masyarakat Lampung.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Dr.dr Reihana M.Kes menyatakan bahwa Rumah Sakit Bandar Negara Husada merupakan Rumah Sakit tanpa kelas yang memiliki fasilitas dan standarisasi layanan setara dengan Rumah Sakit kelas 1.

Dalam sambutannya Reihana mengatakan bahwa RS Bandar Negara Husada memiliki luas bangunan 9.915 m2 dengan 104 kamar pasien, enam dokter umum, 34 perawat, 70 petugas kesehatan, dan masing-masing satu dokter spesialis anak, kandungan, anestesi, bedah, dan penyakit dalam. Kemudian 19 bidan, dua apoteker, tiga tenaga kefarmasian, satu sanitarian, tiga nutrisionis, dan dua analis laboratorium.


Dalam peresmian tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara PT.Trans Lampung dengan Dinas kesehatan Provinsi Lampung terkait penyediaan sarana transportasi, dan MoU dengan Kepala BPJS Cabang Bandar Lampung terkait kerjasama untuk rujukan rumah sakit bagi pasien BPJS.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan juga bantuan berupa mobil ambulance, obat pelayan kesehatan untuk 15 kab/kota, makanan pendamping ASI untuk 15 kab/kota, alat cetak sarana sanitasi untuk 15 kab/kota, serta uang operasional bagi duta HIV/AIDS. (rls)

Diberdayakan oleh Blogger.