72 Panwascam se-Kabupaten Lampung Timur Dilantik

LAMPUNG TIMUR, katalampung.com  - 72 Panwas Kecamatan (Panwascam) se- Kabupaten  Lampung  Timur dilantik Panwas Pemilu Kabupaten di Aula Gedung Islamic Center, Jumat, 10 November 2017.

Asisten 1 bidang pemerintahan,  Tarmizi dalam sambutannya  mengatakan,  Pemilu di tahun 2018 dan 2019 ini perlu diawasi, karena tidak menutup kemungkinan melanggar peraturan pemilihan umum.  

72 Panwascam se-Kabupaten Lampung Timur Dilantik

"Hal ini bila tidak diawasi akan menodai pelaksanaan pemilihan ini maka akan mengganggu keamanan di Kabupaten Lampung Timur. Dalam situasi persaingan seperti ini, tugas panitia pengawas pilihan umum sangat dibutuhkan untuk mengawal dan menjamin terselenggaranya pilihan umum yang sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku secara luber dan jurdil," ungkapnya.

Ia menambahkan, Panwascam harus dapat melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan pilihan sesuai dengan ukuran dan kemampuan yang ada dan mampu bersikap independen tidak memihak kesalah satu partai atau caleg.

"Saya tau tugas yang di emban sangat berat dan membutuhkan pengorbanan besar, karena itu saya juga mengharapkan kepada seluruh unsur masyarakat baik terhadap dinas, tokoh masyarakat, partai politik untuk ikut mendukung kinerja panitia Pengawas Pemilihan Umum," pungkasnya.

Lanjutnya,  kemenangan Pemilihan Umum bukan hanya menjadi tanggung jawab panitia Pengawas Pemilihan Umum, tapi menjadi tanggung jawab semua pihak, sehingga pelaksanaan Pemilihan Umum di Kabupaten Lampung Timur dapat berjalan dengan lebih berkualitas dan menghasilkan wakil-wakil rakyat yang bersih, yang memiliki integrasi dan komitmen yang tinggi .

"Untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Lampung Timur demi kemakmuran masyarakat luas, bukan kemakmuran pribadi atau golongan. Peran dalam pemilihan Umum merupakan bagian yang tidak boleh dipandang sebelah mata, mengingat bahwa dalam pilihan Umum sangat rentan sedang tindakan-tindakan yang dapat menciderai demokrasi  yang sedang berlangsung," tuturnya.

Untuk itu, kepada Anggota Panwas Kecamatan yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, diharapkan melakukan pengawasan secara maksimal dan penuhi tindakan yang semestinya jika di lapangan menemukan adanya pelanggaran, baik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu maupun Peserta Pemilu dengan tetap mengedepankan asas asas penyelenggara pemilu.

Ketua Panwas Kabupaten  Lamtim,  Lailatul Khoiriyah mengatakan,  pelantikan ini diikuti sebanyak  72 anggota Panwascam se Lamtim.

"Saya berharap kepada anggota Panwascam yang dilantik untuk melakukan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya.

Dilaporkan Oleh: Jhony Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.