Dinas PMD Lampung Gelar Rakor Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Tahun 2017

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Dinas PMD Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi (rakor) tingkat Provinsi untuk tahun anggaran 2017. Acara tersebut dilaksanakan sejak tanggal 12 hingga 15 November 2017. Sebagian besar audiance rakor kali ini adalah para tenaga ahli dan pendamping desa di setiap kabupaten di Provinsi Lampung. Salah satu agenda rakor adalah ekspose mengenai progres pembangunan desa di 13 kabupaten. 


Dinas PMD Lampung Gelar Rakor Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Tahun 2017


Perwakilan dari Kabupaten Mesuji, M. Taufik Widodo, memaparkan progres pembangunan desa di Kabupaten Mesuji untuk pencairan tahap satu Dana Desa sudah terserap 100%. "Kabupaten mesuji memiliki 7 kecamatan dan 105 desa.  Untuk jumlah dana desa tahun 2017 di Kabupaten Mesuji mencapai Rp83.570.467.000," terang Taufik

Sedangakan beberapa infrastruktur yang sudah di bangun diantaranya jalan dengan panjang 118,273 meter,  jembatan roda dua 15 unit,  dan jembatan roda empat 68 unit dan beberapa jenis infrastruktur lainnya.

Lebih lanjut,  Taufik juga memaparkan perkembangan BUMDes yang ada di Kabupaten Mesuji. "Untuk BUMDes di Kabupaten Mesuji itu tersebar di beberapa kecamatan.  Di Kecamatan Pematang ada 13, Kecamatan Pancajaya ada 7, Kecamatan Tanjung Raya ada 21, Kecamatan Mesuji ada 11, Kecamatan Mesuji Timur ada 20, dan di Kecamatan Rawajitu Utara ada 13 BUMDes," ujar Taufik

Masih kata Taufik,  di Kabupaten Mesuji ada beberapa desa yang akan dijadikan pilot project untuk BUMDes.  Selain itu pemberian pelatihan kepada aparatur desa juga terus dilakukan.  Pelatihan yang diberikan salah satunya adalah pelatihan yang bersifat penyegaran.

Dilaporkan Oleh: Guntur Siswanto
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.