Pekon Singosari Kecamatan Talang Padang Wakili Tanggamus pada Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Lampung

TANGGAMUS, katalampung.com – Pekon Singosari  Kecamatan Talang Padang Wakili Tanggamus pada Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Lampung tahun 2017.


Pekon Singosari  Kecamatan Talang Padang Wakili Tanggamus pada Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Lampung


Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Af-illah mengatakan Pekon Singosari merupakan satu di antara 302 Pekon/Kelurahan di Kabupaten Tanggamus yang telah dipercaya untuk ikut serta dalam lomba.

Hal itu disampaikan Af-illah dihadapan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Yustin Ridho Ficardo, saat melakukan Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017, di Pekon Singosari, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Selasa (28/11/2017).

Keunggulan Pekon tersebut, kata Af-illah diantaranya jumlah Rumah Tangga sebanyak 365 Rumah (411 KK) telah menggunakan Jamban Sehat, ini membuktikan bahwa masyarakat Pekon Singosari sangat menyadari dan memahami pentingnya kesehatan lingkungan, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat serta pentingnya pemanfaatan posyandu.

"Peran serta Masyarakat Pekon Singosari dalam Program Pembangunan Pekon sangat tinggi ini dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan Jum’at Bersih yaitu kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat secara bergotong royong membersihkan lingkungan Pekon," ujar Af-illah.

Kesadaran masyarakat Pekon Singosari dalam mendukung Program Keluarga Berencana, kata Af-illah juga cukup tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya kesertaan masyarakat Pekon Singosari dalam program KB yaitu 178 Peserta KB Aktif atau 73,85 persen dari Jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) sebanyak 241.

"Dalam kegiatan Kesrak PKK-KB-Kesehatan ini di Pekon Singosari telah dilayani sebanyak 67 Akseptor Baru. Demikian juga halnya dengan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, masyarakat Pekon Singosari telah mampu untuk mengaplikasikan sepuluh indikator perilaku hidup bersih dan sehat," kata Af-illah.

Baca Juga: Desa Toto Harjo Kecamatan Purbolinggo Wakili Lampung Timur pada Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Lampung 

Terkait dengan perlombaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2017, Yustin menyampaikan akan dilakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan, yaitu Pelaksana Terbaik Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Pelaksana Terbaik Posyandu, Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga, dan Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat.

Lalu, untuk penilaian Lomba Kegiatan-kegiatan PKK akan dilakukan penilaian terhadap lima jenis kegiatan PKK, yaitu Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui tes IVA.

Editor: Guntur Subing
Sumber: MRF Info
Diberdayakan oleh Blogger.