Perlunya Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat

LAMPUNG TIMUR, katalampung.com - Peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi perlu partisipasi nyata dari masyarakat. Sehingga diperlukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), agar masyarakat secara sadar menggiatkan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat.



Perlunya Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat


Harapan tersebut disampaikan Chusnunia selaku Bupati Lampung Timur saat memimpin acara GERMAS, Perayaan HUT Puskesmas Adirejo-Jabung dan bakti sosial sekaligus memperingati Hari Ibu Ke - 89 Tahun 2017 di Lapangan Desa Adi Luhur Kecamatan Jabung,  Jum’at (22/12/ 2017).

Hadir pula dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Lampung Timur, Yossy Syahrudin, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Syamsurijal serta Forkopimcam Jabung.

“Alhamdulillah Germas kali ini, walaupun di ujung tapi luar biasa. Sambirejo, Gunung Mekar, dan Gunung Sugih Kecil, terima kasih karena telah menjadi desa-desa yang bebas dari WC cemplung, yang lain jadi PR agar bebas dari WC cemplung,” ucap Chusnunia.

Pada kesempatan itu pemilik panggilan akrab Mbak Nunik itupun menyerukan ajakannya untuk selalu hidup sehat.

“Siapa yang mau Sehat? Tentu semua mau sehat, kalau mau sehat maka harus menjalankan pola hidup sehat. Kalau pagi makan buah, gak usah yang mahal, makan buah lokal saja yang murah meriah. Yang jelas kita harapkan karena kesehatan itu erat kaitannya dengan lingkungan, kebersihan, dan sanitasi,” tutupnya.

Selain melakukan kegiatan bakti sosial berupa sunatan masal, pemasangan implan dan IUD, pelayanan KB, pelayanan bumil resti, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, pengobatan sederhana dan donor darah.

Pada kesempatan itu secara simbolis dilakukan pula penyerahan mobil puskesmas keliling untuk Kecamatan Mataram Baru, Sekampung, Melinting, Way Jepara, Bandar Sribhawono dan Sumber Rejo Jabung.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kepada Desa Gunung Sugih Kecil dan Gunung Mekar yang telah memenuhi persyaratan sertifikasi sebagai Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan / Open Defection Free (ODF) sesuai dengan tujuan program nasional penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.