Robi Cahyadi: Calon Wakil Gubernur Sebaiknya Bukan Kepala Daerah

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Calon Wakil Gubernur yang ideal menurut Pengamat Politik Unila, Robi Cahyadi adalah yang punya ikatan chemistry tinggi, bisa membantu mendulang suara, mampu bekerja sama tanpa konflik dan bukan kepala daerah. 


Robi Cahyadi: Calon Wakil Gubernur Sebaiknya Bukan Kepala Daerah
Pengamat Politik Universitas Lampung, Robi Cahyadi

 Ketika dikonfirmasi mengapa bukan kepala daerah? Robi menilai karena kepala daerah masih punya tanggung jawab politik dan janji kepada masyarakat daerahnya masing-masing.

“Seperti Chusnunia, Zainudin, Sujadi dan lainnya memang punya hak untuk maju.Tapi tolong pikirkan hak pemilih, dan masyarakat yang mereka pimpin,” kata Robi Cahyadi kepada katalampung.com, Kamis, 14 Desember 2017.

“Karena, sekarang Undang-undangnya boleh cuti, jadi banyak kepala daerah yang main-main, kalau kalah di pilgub kan tetap jadi bupati/walikota,” ujarnya.

Sebelumnya, Robi menilai kriteria para wakil itu ada 2, pertama, dia punya senjata dana, atau yang kedua, dia punya senjata massa untuk berperang di pilgub.

Menurutnya, bisa jadi posisi wakil diusulkan sebagai senjata tawar menawar (bargaining) calon gubernur terhadap parpol.

“Namun, perlu diingat sekali lagi bahwa untuk parpol, yang berpikir praktis, lebih mengedepankan peluang menang, bukan siapa kader internal yang maju dalam pilgub,” tambahnya.

Dilaporkan oleh: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.