Truk Fuso Melintang Di Jalan Lintas Barat TNBBS Sebabkan Antrian Panjang

PESISIR BARAT- Sebuah Truk Fuso Melintang di Jalan Lintas Barat mengakibatkan macet dan antrian panjang dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) perbatasan Kabupaten Pesisir Barat-Tanggamus , Minggu (24/12) sekira pukul 14.00 WIB.

Truk Fuso Melintang Di Jalan  Lintas Barat TNBBS Sebabkan Antrian Panjang

Saksi di lokasi kejadian, Sugeng, mengatakan mobil fuso tersebut awalnya dari arah Krui hendak menuju Bandarlampung. Nanum di tengah puncak tanjakan tak jauh dari perbatasan Tanggamus, sebelum turunan Semaka, truk mencoba memutar arah. Namun gagal dan justru mobil melintang di tengah jalan, kedua ban belakang amblas keluar jalur jalan beton.

"Tadi itu ada mobil yang ga kuat nanjak dibawah, terus mobil fuso ini mau bantu narik. Tapi pas muter malah kelabasan," kata Sugeng kepada wartawan dilokasi kejadian.

Truk Fuso Melintang Di Jalan  Lintas Barat TNBBS Sebabkan Antrian Panjang


Dia mengungkapkan bahwa yang mengendarai mobil tersebut bukanlah sang sopir, melainkan kondekturnya. Bahkan, menurut dia, sopir mobil fuso tersebut tidak mengetahui akan memutar arah. "Katanya yang bawa sih keneknya, sopirnya itu ga tau kalo mau muter," katanya.

Akibatnya, terjadi kemacetan yang mencapai ratusan meter, baik dari arah Bandarlampung atau arah krui. Seluruh sopir yang melintas turun mencari tau penyebab kemacetan. Kemacetan semakin rumit, diarah turunan satu truk colt diesel muat pasir pecah ban dan berada di jalur berlawanan, dan terdapat truk lainnya bermuatan berat tak kuat menanjak.

Namun begitu, terdapat jalur untuk melintas bagi mobil ukuran minibus, sempat selama 60 menit macet total, karena masing masing kendaraan ingin mendahului dan sulit diatur. 

Truk Fuso Melintang Di Jalan  Lintas Barat TNBBS Sebabkan Antrian Panjang


Tapi akhirnya berkat kesadaran masing, dan beberapa warga termasuk beberapa wartawan, mencoba mengatur lalulintas, berlahan satu satu mobil pribadi dapat melintas, melalui jalur tanah, namun sulit untuk melintas bagi truk. "Tadi sih sedikit, tapi sekarang udah panjang macetnya. Kalo mobil-mobil kecil masih bisa," katanya.

Dirlantas Polda Lampung Kombes M Kemas Yamin, yang mendapat kabar itu segera memerintahkan Kasat Lantas Pesisir Barat untuk datang kelokasi, dan mengendalikan lokasi lalulintas, "Ya, kita sudah dapat laporan dari warga. Saya sudah perintahkan tim PJR Lintas Sumatera, dan Kasat Lantas Pesisir Barat, segera ke lokasi, dan kedalikan jalur, termasuk segera membersihkan jalur lintas agar tidak macet," katanya via phone.(jun)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.