Gubernur Lampung Optimis Kunjungan Wisatawan Terus Meningkat di Tahun 2018

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyatakan optimis bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung akan terus meningkat pada Tahun 2018. 

Gubernur Lampung Optimis Kunjungan Wisatawan Terus Meningkat di Tahun 2018

Hal tersebut berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata RI, yang menunjukan bahwa jumlah kunjungan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Provinsi Lampung terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Pada 2016, kunjungan wisatawan mancanegara di Lampung mencapai 155.053 pengunjung. Capaian tersebut meningkat sekitar 40 ribu dari tahun 2015, yakni 114.907 wisatawan. 

Kepala Dinas Pariwisata Lampung Budiharto, mengatakan, pada oktober 2017 lalu, kunjungan wisatawan ke Lampung mencapai delapan juta kunjungan. Namun data terakhir yang diterima dari kementerian pariwisata per Desember 2017 memperlihatkan angka yang lebih mengejutkan.

Kunjungan wisatawan nusantara Ke Provinsi Lampung pada bulan desember 2017 berjumlah 11.734.804 kunjungan. Menempatkan Provinsi Lampung diposisi peringkat 10 Nasional, mengalahkan Bali yang berada di posisi 11 Nasional (10jt). Angka tersebut juga jauh melebih target yang ditetapkan, yakni tujuh juta.

Gubernur Lampung Optimis Kunjungan Wisatawan Terus Meningkat di Tahun 2018

Sebelumnya, Provinsi Lampung menempati posisi ke sembilan untuk kunjungan wisatawan nusantara pada Oktober 2017. Posisi tersebut juga mengalahkan Bali yang berada di posisi sebelas. Data tersebut dihitung menggunakan  teknik lalu lintas pergerakan wisatawan melalui telepon seluler oleh Kementerian Pariwisata dan PT Telkom.

Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo, menyatakan capaian tersebut tidak terlepas dari makin mudahnya akses ke Lampung, baik melalui darat maupun melalui Bandara Radin Intan II.

Selain itu beberapa event berskala nasional dan internasional yang di gelar oleh Provinsi Lampung turut mendongkrak jumlah kunjungan Wisatawan ke Provinsi Lampung. Di antaranya Hari Keluarga Nasional, Hari Kopi Internasional, dan sejumlah acara nasional lainnya yang mulai gencar memilih Lampung sebagai tuan rumah.

"Peningkatan kunjungan ini juga merupakan prestasi bagi seluruh pelaku pariwisata, mulai pengelola hotel, restoran, pengelola tempat wisata, dan transportasi. Sektor-sektor ini yang punya efek ganda bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Ridho.

Pertumbuhan hotel di Lampung sendiri naik. Beberapa di antaranya bahkan ditopang dengan lokasi yang tidak jauh dari destinasi wisata. "Beberapa dekat dengan Pulau Pahawang dan pulau-pulau di sekitar Teluk Lampung, sehingga bisa dikemas menjadi one day tour," pungkas Gubernur Ridho.(mrf/inf)
Diberdayakan oleh Blogger.