Kaleidoskop 2017: Optimisme Ekonomi Indonesia

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Sepanjang tahun 2017, pemberitaan mengenai kinerja ekonomi Indonesia tergambar optimis. Hal ini terlihat dari tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia yang terus meningkat.


Kaleidoskop 2017: Optimisme Ekonomi Indonesia
Gambar ilustrasi

Tingginya tingkat kepercayaan masyarakat tersebut merupakan indikator yang menunjukkan dukungan masyarakat terhadap kebijakan serta program-program pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah.

Demikian dituliskan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Nufransa Wira Sakti, kepada Media Keuangan Januari 2018. Menurutnya, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government berdasarkan Gallup data.

Lebih lanjut, Nufransa menuliskan, pada tahun 2016, sebanyak 80 persen dari responden menyatakan kepercayaan mereka terhadap pemerintah Indonesia.

Tingkat kepercayaan Indonesia naik sebesar 28 persen dibandingkan tahun 2007. Berdasarkan hasil survey ini, Indonesia menduduki ranking tertinggi untuk kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah bersama Swiss.

Di tahun 2017, Indonesia juga memperoleh berbagai pengakuan atas reformasi ekonomi dan struktural, tulis Nufransa. Indeks kemudahan berbisnis (Ease of Doing Business) Indonesia berhasil naik 15 peringkat ke posisi 91.

Hal ini membuat Indonesia masuk dalam jajaran Top Improvers berada di atas India, Brazil, dan Filipina. Selain itu, Global Competitiveness Index 2017-2018 juga menaikkan peringkat Indonesia sebanyak 5 peringkat, dari posisi 41 menjadi 36.

Di tahun yang sama, penantian panjang berakhir sudah. Lembaga pemeringkat kredit internasional Standard & Poor (S&P) akhirnya menaikkan sovereign rating Indonesia menjadi BBB- dengan outlook stabil.

“Setelah sebelumnya Moody’s memberikan peringkat yang sama, maka lengkap sudah kini peringkat layak investasi diraih dari lembaga-lembaga terkemuka. Menutup tahun dengan manis, lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) meningkatkan sovereign rating Republik Indonesia dari BBB/outlook positif menjadi BBB/outlook stabil pada Rabu (20/12),” ujar Nufransa

Hal ini melengkapi pencapaian Indonesia sebagai negara layak investasi yang sebelumnya telah diperoleh dari sejumlah lembaga rating lain, seperti Fitch, Moody’s, Japan Credit Rating, dan Rating and Investment.

“Yang lebih menggembirakan lagi, untuk pertama kalinya sejak 12 tahun lalu, Badan Pemeriksa Keuangan memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2016,” jelas Nufransa.

Memasuki tahun 2018, lanjutnya, perekonomian Indonesia akan terus digenjot. Pembangunan infrastruktur pun terus dilakukan. Posisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 sebagai instrumen pemerintah untuk mencapai sasaran pembangunan pun semakin strategis.(mk/dde)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.