Panwascam Sukadana Gelar Rakor Pembekalan Anggota Panitia Pengawas Lapangan (PPL)

LAMPUNG TIMUR, katalampung.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Sukadana mengadakan rakor pembekalan pengawasan untuk anggota Panitia Pengawas Lapangan (PPL) se-Kecamatan Sukadana. Kegiatan ini sesuai dengan agenda Pencocokan dan Penelitian Data (coklit)  pemilih yang diselenggarakan serentak oleh KPU pada tanggal 20 Januari mendatang,  dikantor Panwascam Sukadana,  Kamis (18/1) pagi.

Panwascam Sukadana Gelar Rakor Pembekalan Anggota Panitia Pengawas Lapangan (PPL)

Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin langsung oleh ketua Panwascam Sukadana,  Purnama Hidayah, juga dihadiri Komisioner Panwascam Sukadana, seluruh Panitia Pengawas Lapangan se-Kecamatan Sukadana serta anggota PPK Sukadana, Andre dan Nurhadi.

Dalam rakor tersebut Ketua Panwascam, Purnama Hidayah, memaparkan soal dasar hukum pelaksanaan coklit dan apa saja yang harus diawasi oleh PPL dalam pelaksanaan coklit.

"Kita ketahui bahwa jadwal pelaksanaan coklit yang sudah diagendakan dimulai dari tanggal 20 Januari lusa. Jadi kawan-kawan PPL harus mengerti apa saja yang harus diawasi dalam pelaksanaan coklit oleh PPDP setempat," kata Purnama Hidayah.

Menurutnya, petugas PPDP harus mendatangi langsung rumah bersangkutan yang akan dicoklit, jadi tidak diperkenankan PPDP mengerjakannya dari tempat lain. Kedua, pencoklitan oleh PPDP tidak boleh diwakilkan kepada siapapun selain petugas yang diberikan SK.

“Jika petugas coklit datang sewaktu pemilik rumah tidak ada maka petugas coklit wajib datang di waktu yang tepat, juga menyoal basis pendataan pemilih yang berbasis E-KTP dan surat keterangan harus diperhatikan," ujarnya.

Selain itu juga, Purnama meminta kepada PPL Sekecamatan Sukadana agar membuka mata dan telinga untuk jeli melihat kumpulan-kumpulan masa atau apapun yang disinyalir ada agenda pilkada untuk bahan laporan pengawasan.

"Koordinasi dan berkomunikasi dengan baik kepada Penyelenggara Pemilu, stakeholder dan masyarakat agar Slogan Bawaslu bisa diterapkan," tambah Purnama Hidayah.

Dilaporkan Oleh: Jhoni Saputra
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.