Berwirausaha Bisa Mengurangi Penggangguran

METRO, KATALAMPUNG.COMMindset sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini banyak yang bercita-cita untuk menjadi pegawai dan bukan untuk berwirausaha. Padahal dengan berwirausaha bisa mengurangi pengangguran yang ada dan dapat meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat Indonesia.

Berwirausaha Bisa Mengurangi Penggangguran


Demikian disampaikan oleh Dr. Sumardiyanto, M.A., saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himamen) Universitas Muhammadiyah Metro di Aula Gedung C UM Metro, Jum’at, 30 Maret 2018.

Dengan mengusung tema “Menjadi Wirausaha yang Tangguh di Era Ekonomi Global” Sumardiyanto melihat kecenderungan masyarakat Indonesia yang konsumtif. Mau menghabiskan tapi tidak mau menghasilkan.

“Kondisi masyarakat yang konsumtif adalah salah satu peluang, jargonnya adalah ‘keinginanmu adalah peluangku’. Maksudnya setiap keinginan masyarakat adalah peluang dari wirausahawan untuk mendapatkan keuntungan,” papar Sumardiyanto.

Untuk itu, menurutnya, wirausahawan harus pandai menganalisa peluang yang ada disekitarnya. Beriwarausaha, kata Sumardiyanto, dapat menjadikan taraf hidup seseorang menjadi lebih tinggi lagi.

Dirinya berharap agar para peserta seminar dapat terbuka mindset untuk berwirausaha dari sejak dini.

“Sekalipun mungkin dalam finansial mereka tidak ada. Tapi ketika mereka memiliki skill dan tekad maka akan terjadi. Semua itu beranjak dari dream, action dan success,” jelasnya.

Ia meminta kepada para mahasiswa untuk tidak bercita-cita menjadi pegawai. Jangan sampai menjadi seseorang yang mencari lapangan pekerjaan tetapi bukalah lapangan pekerjaan.

Berwirausaha Bisa Mengurangi Penggangguran


Sementara itu, Dekan FE UMM Dr. Suharto, S.E., sangat mengapresiasi pengurus Himpunan Mahasiswa Manajemen yang mampu menghadirkan Sumardiyanto sebagai pemateri seminar.

Menurutnya, fakultas hanya sebagai jembatan mahasiswa untuk dapat membuat kegiatan yang edukatif untuk mahasiswa lainnya, seperti seminar yang digelar oleh Himamen UMM.

“Setiap kali kegiatan yang memang itu baik untuk meningkatkan kualitas mahasiswa UM Metro akan kami dukung sepenuhnya. Bagi yang aktif di Himamen agar tetap semangat. Aktif dalam organisasi jangan menjadi alasan kalian untuk tidak dapat fokus dengan kuliah. Jadikan kuliah prioritas dan organisasi totalitas,” pintanya.

Dilaporkan oleh: Cholik Dermawan
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.