Pegiat Lingkungan Kecam Pemasangan ATM BRI di Pahawang

KATALAMPUNG.COM - Pahawang adalah salah satu objek wisata andalan di Provinsi Lampung. Keindahan alam bawah laut serta varietas makhluk hidup yg ada di dalamnya berhasil memukau wisatawan domestik bahkan dunia. 

Pegiat Lingkungan Kecam Pemasangan ATM BRI di Pahawang
Casing ATM BRI yang dipasang di dasar laut Pulau Pahawang
 
Namun, belakangan ini beredar foto yang mengejutkan dengan terpasangnya casing ATM BRI di dasar laut Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung. Kejadian ini menimbulkan kecaman dari para pegiat lingkungan.

“Saya pribadi sangat kecewa dan menyesalkan hal itu. Keindahan alam yang mempesona dengan pemandangan alami dirusak dengan kemunculan mesin tersebut,” ucap Akhsan, Anggota Aktif Mapala Darmajaya Pencinta Alam (ARTALA ) kepada katalampung.com, Jum’at, 2 Maret 2018.  

Menurutnya, penggunaan material seperti besi, seng dan bahan logam lainnya jelas tidak ramah lingkungan dan akan sangat mengganggu keberlangsungan ekosistem yang ada di dalamnya.

Salah satu pegiat trip di Pahawang, Rahmat Maulana juga mengungkapkan kekecewaannya atas keberadaan casing ATM BRI di kawasan wisata Pahawang.

“Ini sangat tidak mendidik, karena dapat merusak ekosistem alami kawasan tersebut. Apalagi tidak ada tindak lanjut dari Pokdarwis Pahawang selaku kelompok wisata daerah tersebut. Kami juga meminta dari pihak BRI untuk segera mengangkat kembali mesin ATM yang ada disana,” seru Maulana.

Edy Karizal selaku Ketua WATALA menilai tindakan ini tidak sesuai dengan konsep wisata alam sebenarnya. Dengan cara memanfaatkan alam dan juga memberikan edukasi yang benar kepada wisatawan agar mereka dapat ikut mendukung pelestariannya.

“ATM BRI telah merusak tatanan pengembangan wisata alam dan juga telah melanggar estetika atau nilai kepantasan dan kepatutan pengembangan wisata di bawah laut,” kata Rizal.

Dia mengimbau agar dibentuk Perda yang mengatur sempadan pantai di Provinsi Lampung. Dengan tujuan agar pengelolaan pesisir dan pantai ada sistem dan regulasi yang mengaturnya sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Baca Juga: ATM BRI di Pulau Pahawang Tak Kujung Diangkat 

Sementara itu, Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto dalam keterangan persnya, Kamis (1/3/2018) mengatakan, dengan mempertimbangkan kondisi saat ini, BRI memutuskan mengangkat kembali tiga rangkaian ATM di bawah laut. Pengangkatan tiga rangkaian casing ATM BRI tersebut rencananya diangkat Kamis pagi.

Bambang menjelaskan, penanaman casing ATM di dasar laut dalam rangka pemberian CSR di Pulau Pahawang. Untuk menanamnya, BRI telah mendapat persetujuan dari Dinas Perikanan Provinsi Lampung dan Pemkab Pesawaran.

Dilaporkan Oleh: Cholik Dermawan
Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.