Sambangi Lampung, Bekraf Gelar Kegiatan Bimbingan Teknis

LAMPUNG TENGAH, KATALAMPUNG.COM - Awal tahun 2018 ini, Direktorat Pengembangan Pasar Luar Negeri (PPLN) Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap para pelaku ekonomi kreatif. Setelah sempat diadakan pada awal Maret silam di Kabupaten Lumajang, Bimtek kali ini akan diselenggarakan di Kabupaten Lampung Tengah.

Sambangi Lampung, Bekraf Gelar Kegiatan Bimbingan Teknis


Acara yang dihelat pada tanggal 25 Maret 2018 di Sparks Convention Hotel Lampung ini akan menghadirkan seorang praktisi pemasaran kenamaan asal Bandung, Iyan Radiana. Kegiatan ini sendiri merupakan hasil kerjasama antara Direktorat PPLN Bekraf dengan anggota Komisi X DPR RI dari Partai Gerindra, Ibu Ir. Dwita Ria.

Kegiatan Bimtek ini sendiri awalnya dimaksudkan untuk meningkatkan ekspor produk kreatif Indonesia. Untukmeningkatkan ekspor produk kreatif lokal, fasilitasi partisipasi produk kreatif dalam event internasional mutlak diperlukan sebagai sarana promosi, sekaligus juga untuk memaksimalkanpenetrasi pasar produk kreatif dalam pasar global. Namun,fasilitasi keikutsertaan produk kreatif di luar negeri saja belum cukup, karena ada masa di mana pelaku kreatif harus melebarkan pangsa pasar mereka di luar negeri secara mandiri. 

Berkaca pada kemungkinan tersebut, program bimbingan mengenai tatacara ekspor-impor maupun strategi pengembangan pasar akhirnya menjadi penting untuk diberikan kepada pelaku kreatif yang belum cakap maupun minim pengalaman menghadiri event di luar negeri, agar sumberdaya yang mereka keluarkan tidak terbuang sia-sia serta dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Di titik inilah maka urgensi dari keberadaan kegiatan Bimtek ini muncul.

Urgensi inilah yang menyebabkan Direktorat PPLN Bekraf berinisiatif untuk mengadakan kegiatan Bimtek mengenai strategi pemasaran luar negeri sejak tahun 2016 lalu, selain juga untuk memenuhi tugas dan fungsi yang termaktub dalampasal 102 Peraturan Kepala Badan Ekonomi Kreatif No. 1 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Ekonomi Kreatif.

Dan pada kesempatan kali ini, penyelenggaraan Bimtek di Kabupaten Lampung Tengah akan mengangkat tema mengenai Strategi Pemasaran Produk Kreatif ke Luar Negeri. Tentunya dengan tema ini, diharapkan agar para pelaku kreatif di Kabupaten Lampung Tengah dapat mendapat pemahaman yang tepat terkait dengan strategi pemasaran produk mereka secara global.
Diberdayakan oleh Blogger.