Pasar Melemah, Investor Diminta Jangan Terlalu Panik

KATALAMPUNG.COM - Dengan kondisi pasar yang tertekan Director Ciptadana Asset Management Irvin Patmadiwiria meminta para investor untuk tidak terlalu panik.


Pasar melemah, Investor Diminta Jangan Terlalu Panik
Gambar: ilustrasi


“Tips untuk investor, jangan terlalu panik dengan kondisi seperti ini, karena kan balik lagi secara fundamental, makro ekonomi Indonesia cukup kuat. Kita punya cadangan devisa yang cukup besar, kebijakan moneter yang sudah lebih baik dibanding dahulu, perkembangan infrastruktur kita terlihat sangat nyata,” ujar Irvin sebagaiman ditayangkan Kontan TV, Senin, 30 April 2018.

Baca Juga: Fundamental Ekonomi Indonesia Saat Ini Berada Dalam Kondisi Kuat

Dirinya menilai, justru pada saat seperti sekarang ini hanya menunggu sampai dengan level tertentu untuk bisa mulai masuk ke pasar kembali.

“Kalau kemarin kita lihat PE Ratio dari IHSG itu sudah di level 20-21 yang mana itu secara rata-rata menjadi mahal. Nah, pada saat indeks sekarang 6.000 atau mungkin turun 5.900, PE Ratio IHSG menjadi relatif murah. Kita mesti melihat ke sektornya,” jelas Irvin.

Menurutnya, yang banyak ditinggalkan investor asing adalah sektor perbankan. Padahal, kata Irvin, jika dilihat perbankan Indonesia itu cukup kuat.

“Jadi tidak ada alasan untuk jatuh. Sektor perbankan kita tetap menarik, apalagi setelah kita tahu ada penurunan yang signifikan berarti PDV dari perbankan menjadi murah,” ungkapnya.

Apalagi jika melihat pelemahan rupiah saat ini, disisi lain geliat komoditas pertambangan Indonesia juga berorientasi ekspor.

“Geliat komoditas seperti harga minyak, harga batu bara dan rata-rata untuk batu bara dan nikel itu kita ekspor. Nah berarti kita juga mencari sektor yang lebih ekspor oriented seperti pertambangan tadi, mungkin juga CPO,” kata Irvin.(TIM/KL)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.