BI Lampung Intensifikasi Layanan Penukaran Uang Rupiah

KATALAMPUNG.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung intensifikasi layanan penukar uang Rupiah di Provinsi Lampung pada Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H/2018. 


BI Lampung Intensifikasi Layanan Penukaran Uang Rupiah


Menurut Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan, memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri biasanya beriringan dengan meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat. Maka kebutuhan uang pada periode tersebut juga ikut meningkat. 

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menjamin kesediaan dan kecukupan uang kartal untuk kebutuhan masyarakat Provinsi Lampung selama periode tersebut. Sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir,” ujar Budiharto saat menggelar Konferensi Pers di Kantor Perwakilan BI Lampung, Rabu, 23 Mei 2018.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyediakan Rp3,1 triliun dan akan masih bertambah secara bertahap disesuaikan dengan kondisi atau perkembangan yang ada. 

“Jumlah ini sedikit meningkat dibandingkan tahun 2017 yang sebesar Rp 3,054 triliun. Dengan kondisi tersebut, kecukupan uang kertas dan logam akan terjaga baik secara nominal maupun pecahan,” jelasnya.

Budiharto menerangkan, koordinasi dengan perbankan di daerah juga terus diperkuat. Sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan mendapatkan uang tunai.

“Untuk kegiatan penukaran, kami mengimbau masyarakat agar melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan penukaran uang Rupiah oleh Bank Indonesia dan perbankan yang beroperasi di provinsi lampung,” ujarnya.

Ia memastikan penukaran dapat dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis.  Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan perbankan daerah berupaya secara optimal baik dari sisi jangkauan maupun frekuensinya akan melakukan layanan penukaran uang pecahan kecil di beberapa titik di Provinsi Lampung mulai tanggal 23 Mei 2018 hingga 6 Juni 2018, utamanya di pusat-pusat keramaian. 

Khususnya pada tanggal 5 dan 6 Juni 2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung dan perbankan secara bersama-sama akan melakukan layanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat. 

Baca Juga: Ini Jadwal Penukaran Uang Pecahan Kecil Selama Ramadhan 1439 H / Tahun 2018 di Wilayah Provinsi Lampung

“Kami akan menugaskan pegawai yang beridentitas jelas dilengkapi petugas dari satuan pengamanan untuk menjaga agar kegiatan pelayanan dapat dilakukan dengan tertib dan aman. Untuk pemerataan dan kelancaran dalam proses penukaran bersama di lapangan Saburai, kami menyediakan paket penukaran senilai Rp 6.000.000 yang terdiri atas pecahan Rp20.000,00., Rp10.000,00., Rp 5.000,00., dan Rp. 2.000,00.," ungkapnya.

Selain itu Budiharto juga mengingatkan seiring dengan meningkatnya aktivitas ekonomi, masyarakat juga harus senantiasa waspada dan berhati-hati ketika melakukan transaksi dengan memastikan bahwa uang rupiah yang diterima adalah hasil melalui metode 3D (dilihat,  diraba,  diterawang).  Uang rupiah asli akan memiliki kualitas cetak yang baik, memiliki benang pengaman, terasa kasar apabila diraba, tanpa tanda air, gambar tersembunyi, dan rectoverso atau gambar saling isi ketika diterawang ke arah uang tunainya.

“Dengan memperhatikan hal-hal itu masyarakat tidak perlu merasa khawatir, dan dapat lebih fokus untuk menjalankan ibadah selama Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H/2018,” tutup Budi.(Cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.