Ratusan Pegiat Pariwisata Tanggamus Berkumpul Di Gisting, Ada Apa?

KATALAMPUNG.COM - Sekitar 100 orang Pegiat Pariwisata yang terdiri dari 25 Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan Biro Pariwisata se-Kabupaten Tanggamus berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) Gisting Bawah, Tanggamus, Senin, 7 Mei 2018.


Ratusan Pegiat Pariwisata Tanggamus Berkumpul Di Gisting, Ada Apa?


Dengan antusias, mereka mengikuti “Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Masyarakat Sekitar Destinasi Tahun 2018” yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Lampung.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Arief Nugroho mengatakan, pelatihan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi Lampung untuk terus membangun dan mengembangkan  pariwisata di bumi Lampung. Komitemen-komitmen itu diwujudkan dengan perbaikan infrastruktur dan peningkatan kapabilitas SDM para pelaku pariwisata.

“Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dasar kepariwisataan dan arti penting kepariwisataan bagi pelaku pariwisata dan menyamakan persepsi untuk memajukan pariwisata khususnya di Tanggamus dan Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Arief menambahkan, sasarannya adalah masyarakat dan pelaku pariwisata yang berada di dekat destinasi pariwisata yang ada di Lampung khususnya yang ada di Tanggamus.



Dilain pihak, Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus, Marhasan Samba dalam pemaparannya mengatakan, peningkatan dan pengembangan wisata butuh komitmen dan harus dengan dukungan seluruh komponen yang ada.

“Potensi budaya, potensi alam yang ada di Tanggamus sangat luar biasa. Sangatlah masuk akal ketika kita sama-sama berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi wisata kita,” ujarnya.

Selain mendapatkan materi dari para pemangku kepentingan, acara dilanjutkan pada sesi diskusi atau tukar pendapat sesama Pokdarwis. Acara ini dimaksudkan untuk saling tukar gagasan terkait upaya peningkatan dan eksplore potensi wisata di Tanggamus.

Amridi Roni, Pokdarwis Gigi Hiu mengapresiasi kegiatan ini. Dirinya berharap kegiatan seperti ini sering dilakukan.

“Karena hal-hal seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatan pengetahuan bagi kami Pokdarwis,” harap Amridi.

Peserta lain, Syolahudin Magad (Pokdarwis Teluk Paku)  menyampaikan, upaya eksplore wisata  yang strategis adalah melalui medsos. Untuk itu dirinya berharap Pokdarwis di Tanggmus seyogyanya bisa saling membantu untuk sama-sama memasarkan potensi wisata yang ada.

“Karena sifatnya kunjungan wisata kita di Tanggamus ini kunjungan momentum. Misalnya saat liburan Hari Raya atau liburan Tahun Baru, maka perlu kita menggandeng komunitas untuk membuat event-event. Seperti kita mengajak komunitas sepeda, motor atau mobil,” ungkap Magad.

Menurutnya, hal itu bisa menjadi media promo destinasi wisata. “Atau bisa juga kita gelar Jambore Pokdarwis bergilir setiap tahunnya,” usul Magad.

Dirinya menilai, Pokdarwis Tanggamus sudah cukup banyak dan memadai jika diadakan Jambore Pokdarwis Tanggamus.

“Bahkan mungkin Jambori Pokdarwis se-Provinsi Lampung. Ini luar biasa signifikan untuk media promo pariwisata kita,” kata Magad.(MGD)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.