Gelar Seminar Ekonomi Syariah, ISEI Lampung Gandeng BI

KATALAMPUNG.COM – Selain melaksanakan Musyawarah Daerah, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Lampung akan mengadakan Seminar Ekonomi Syariah. Seminar ini akan berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Lampung.


Gelar Seminar Ekonomi Syariah, ISEI Lampung Gandeng BI
Dr. Usep Syaipudin, S.E., M.S.Ak


Dr. Usep Syaipudin, S.E., M.S.Ak., selaku Ketua Steering Committee (SC) Musda dan Seminar Ekonomi Syariah ISEI Lampung mengatakan dipilihnya Ekonomi Syariah sebagai pembahasan seminar dilihat dari potensi dan pertumbuhan ekonomi syariah dalam kurun waktu dua dekade terakhir.

“Mayoritas masyarakat Lampung adalah muslim. Ini merupakan potensi besar bagi perkembangan ekonomi syariah, termasuk sektor keuangan dan perbankan. Tetapi sebuah ironi, sejak berdirinya Bank Muamalat Indonesia sebagai Bank Syariah pertama di Indonesia pada awal 90-an, perkembangan perbankan dan keuangan syariah seperti berjalan di tempat. Terbukti dari aset perbankan syariah yang baru dikisaran 5% dari total aset perbankan,” kata Usep, Rabu, 1 Agustus 2018.

Menurutnya, memang perkembangan keuangan syariah telah membuahkan berbagai prestasi, dari makin banyaknya produk dan layanan, hingga berkembangnya infrastruktur yang mendukung keuangan syariah. Bahkan di pasar global, Indonesia termasuk dalam sepuluh besar negara yang memiliki indeks keuangan syariah terbesar di dunia.

“Namun, pertumbuhan keuangan syariah belum dapat mengimbangi pertumbuhan keuangan konvensional. Hal ini dapat dilihat dari pangsa pasar (market share) keuangan syariah yang secara keseluruhan masih di bawah 5%. Kondisi ini menunjukkan bahwa keuangan syariah Indonesia masih perlu terus dikembangkan sehingga dapat mengimbangi pertumbuhan keuangan konvensional dalam rangka membesarkan industri keuangan secara keseluruhan,” jelasnya.

Dengan situasi ini, Usep menilai, ISEI Lampung berkewajiban untuk mengambil peran yang aktif untuk ikut mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Lampung. ISEI Lampung harus meningkatkan perannya dalam upaya mencerdaskan bangsa dan Negara terutama dalam bidang ilmu ekonomi melalui berbagai kegiatan ilmiah seperti seminar, lokakarya dan pelatihan yang tepat sasaran, tepat pendekatan dan tepat wawasan.

“Bertepatan dengan pelaksanaan ini, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Lampung akan melaksanakan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang akan dilaksanakan di Lampung untuk wilayah regional Sumatera. Maka kami berkolaborasi dengan BI Lampung untuk kegiatan seminar ini menjadi rangkaian kegiatan FESyar,” ungkapnya.

Dengan kegiatan ini, ia berharap, ISEI Lampung dapat menjadi partner bagi stakeholder yang begerak di bidang ekonomi syariah. Untuk itu pihaknya akan menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya.

“Untuk pembicara seminar, ISEI akan menghadirkan tiga pembicara. Seperti, Kepala Kantor BI Perwakilan Lampung, Ketua MES Lampung dan Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Bandarlampung,” ujar Usep.

Ia menambahkan, pelaksanaan Seminar Ekonomi Syariah akan dilaksanakan pada pagi hari sebelum gelaran Musda. Untuk peserta seminar, ia menargetkan pada para pengurus dan anggota ISEI, akademisi dan mahasiswa, praktisi perbankan, dan lembaga keuangan serta masyarakat umum.(gsu)
Diberdayakan oleh Blogger.