Sambut Indonesia Emas 2045, Andi Desfiandi Ajak Mahasiswa Aktif dan Produktif

KATALAMPUNG.COM – Menyambut mahasiswa baru Darmajaya yang sedang mengikuti ORIES IIB Darmajaya 2018, Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA mengajak mahasiswa untuk aktif dan produktif.  Ia menginginkan agar para mahasiswa siap dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, tepat 1 abad Indonesia Merdeka.


Sambut Indonesia Emas 2024, Andi Desfiandi Ajak Mahasiswa Aktif dan Produktif


Ia mengemukakan, data dari Pricewater House Coopers (PwC) memproyeksikan Indonesia di tahun 2050 akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar nomor empat di dunia setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat.

Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki bonus demografi, dimana di tahun itu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif yaitu berkisar 15-64 tahun. Sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif yaitu berkisar dibawah 14 tahun dan diatas 65tahun.

“Dari laporan PWC yang dirilis pada September 2017 menerangkan bahwa di tahun 2030, Indonesia akan menempati peringkat 5 besar negara berkembang estimasi nilai GDP US$5.424 miliar dan naik menjadi di peringkat 4 di tahun 2050 dengan estimasi nilai GDP US$10.502 miliar berdasarkan nilai GDP dengan metode perhitungan Purchasing Power Parity (PPP),” jelas Andi saat memberikan sambutan pada pembukaan ORIES IIB Darmajaya 2018, Rabu (12/9).

Ia juga menambahkan, dari hasil riset dunia itulah para generasi muda Indonesia sekarang harus bersikap optimis, karena merekalah yang akan mengemban tanggung jawab ini.

“Bagaimana caranya mahasiswa baru IIB Darmajaya yang ada disini bisa ikut berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia Generasi Emas?  Jawabnya tidak sulit untuk menjadi mahasiswa yang berkarakter dan produktif, cukup dengan ‘from know, start from the end’, kita harus tahu untuk apa kita disini sekarang? apa tujuan kedepan kita? bagi mahasiswa yang belum tahu mulailah merenung mau jadi apa kalian nanti?,” kata Andi di depan ribuan mahasiswa baru IIB Darmajaya.

Ia pun memaparkan dari strategi itu mahasiswa harus mempunyai 3C yaitu 50% character, 30% competence, 20% collaboration.

“Kenapa character mempunyai skor paling tinggi? karena character mempunyai peranan penting dalam membentuk sifat pemuda di Indonesia. Contohnya saja, banyak orang pintar di Indonesia ini tapi memiliki attitude buruk," tuturnya.

Menurutnya, membentuk karakter itu paling penting karena pemudalah yang akan meneruskan cita-cita bangsa ini. Ia menambahkan, karakter harus diimbangi dengan competence atau keahlian dan kemampuan di bidangnya.

"Jika kalian memilih jurusan akuntansi perdalam ilmu kalian dengan mengikuti berbagai macam brevet, begitu pula jurusan-jurusan lain, jangan hanya jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang), lalu callaboration atau kemampuan kerjasama, ini penting karena tidak ada satupun manusia bahkan negara di dunia ini bisa bekerja sendiri atau hidup sendiri, kita saling membutuhkan satu sama lain. Tuhan menciptakan keanekaragaman di muka dumi ini untuk saling melengkapi,” papar Andi

Selain itu Andi juga titipkan masa depan Indonesia kepada ribuan mahasiswa IIB Darmajaya yang hadir, dan jangan takut untuk mengikuti program-program internasional seperti student mobility di IIB Darmajaya, karena ia berharap program-program internasional akan memberikan pengalaman yang luar biasa untuk mahasiswa IIB Darmajaya.

“Yang belum tahu untuk apa kalian sekarang disini, mulailah berbenah dan catat impian-impian kalian, dan buat target-target di kertas kecil akan mewujudkan mimpi kalian. Siapa tahu dari mahasiswa baru disini ada yang menjadi Presiden, tentu ini membanggakan juga buat kami,” terang Andi menutup sambutannya.

Sementara, Rektor Rektor IIB Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc. mengatakan keberadaan mahasiswa di kampus dengan budaya Darmajaya The Best ini merupakan karunia Allah SWT. Untuk itu, sudah sepantasnya mahasiswa memperbanyak rasa syukur kepada Allah serta meningkatkan bakti kepada orang tua.

Baca Juga: Kemajuan Teknologi Manusia Saat Ini Berada Pada Fase Extracting

“Sukses awal yang anak-anaku peroleh ini hendaknya digunakan sebagai pijakan untuk mencapai sukses selanjutnya dengan mengikuti studi di Darmajaya,” kata dia.

ORIES Darmajaya 2018 ini diikuti oleh 1.326 mahasiswa baru yang terdiri dari 506 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan 820 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ories tahun ini Bertema  Aktualisasi Pendidikan Sebagai Pembentukan Generasi Emas yang Religius dan Kreatif”.

Hadir dalam kesempatan itu, Rektor IIB Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc; Wakil Rektor I Dr. RZ. Abdul Aziz, M.T.; Wakil Rektor II Ronny Nazar, S.E., M.M; Wakil Rektor III Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.; dan Wakil Rektor IV Prof. Zulkarnain Lubis, M.S., Ph.D. Hadir pula Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis dan Dekan Fakultas Teknik Komputer, serta sejumlah kepala biro, kabag, dosen, dan karyawan IIB Darmajaya.(cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.