Kemajuan Teknologi Manusia Saat Ini Berada Pada Fase Extracting

KATALAMPUNG.COM – Kemajuan teknologi manusia dari masa ke masa memiliki fase-fase yang dilalui. Salah satunya adalah fase ketiga, atau yang disebut dengan Fase Extracting.


Kemajuan Teknologi Manusia Saat Ini Berada Pada Fase Extracting


Menurut Rektor Institute Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc, disadari atau tidak, saat ini, manusia sedang berada dalam fase ketiga yakni fase extracting. Fase ini, kata Rektor, ditentukan sejak tahun 2010-2025, dan memiliki peran penting dalam proses penggabungan teknologi dan manusia.

Baca Juga: Sambut Indonesia Emas 2024, Andi Desfiandi Ajak Mahasiswa Aktif dan Produktif

“Era ini mempresentasikan pendewasaan situs web. Di mana mesin pencari menjadi lebih pintar, penetrasi smartphone menjadi semakin luas, koneksivitas lebih cepat dan unggul di banyak wilayah dunia,” kata Rektor pada pembukaan orientasi Mahasiswa Baru kampus biru tersebut, di Lapangan Basket, Rabu (12/9/2018).

Firmansyah juga menjelaskan, dengan fase itu masa depan sedang menghampiri kita dengan kebutuhan, kegiatan yang telah berevolusi ke dalam berbagai jenis aktivitas dengan platform, teknologi informatika tidak lagi dikatakan akan datang.

“Namun, sudah terjadi di depan kita. Dengan demikian yang harus kita lakukan adalah beradaptasi dengan perubahan itu. Dengan pandangan itu, Gen-DJ sebagai bagian dari tindakan generasi warga IIB Darmajaya,” kata Rektor.

Dia juga menjelaskan The Genetic of Darmajaya (Gen-DJ) lahir dengan latarbelakang adanya beberapa isu atau yang sudah terjadi. Masalah tersebut terkait dengan mekanisme pembelajaran yang diterapkan pada lingkungan kampus IIB Darmajaya secara umum.

“Masalah tersebut diantaranya kurang peminat pada hal-hal skill dan teknis untuk mahasiswa,” kata dia.

Sehingga, kata Firmansyah, Pihaknya memandang perlu diterapkannya program Gen-DJ yang mengacu pada prinsip kolaborasi, mengedepankan ilmu dan teknologi, pelatihan berkelanjutan, dan menghadirkan suasana kerja industrial.

“Serta, memberikan kesempatan bagi Gen-DJ untuk dapat menemukan dan mengembangkan nilai-nilai dan potensi yang ada pada diri kalian masing-masing, dengan program-program yang sudah ditentukan,” kata Firmansyah.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Alfian Husin Dr. Andi Desfiandi, S.E., M.A.; Wakil Rektor I Dr. RZ. Abdul Aziz, M.T.; Wakil Rektor II Ronny Nazar, S.E., M.M; Wakil Rektor III Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.; dan Wakil Rektor IV Prof. Zulkarnain Lubis, M.S., Ph.D. Hadir pula Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis dan Dekan Fakultas Teknik Komputer, serta sejumlah kepala biro, kabag, dosen, dan karyawan IIB Darmajaya.(cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.