Hari Batik 2018, Bupati Pringsewu Resmikan Rumah Produksi Batik Ramones Art


KATALAMPUNG.COM - Peringatan Hari Batik Nasional 2018 di Kabupaten Pringsewu, diisi dengan prosesi pemotongan tumpeng sekaligus peresmian rumah produksi Batik Pringsewu Ramones Art yang berada di Jalan KH. Ghalib Raya Gg. Battik, Pringsewu Barat, Kabupaten Pringsewu, Selasa (2/10) oleh Bupati Pringsewu Sujadi dan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi.


Hari Batik 2018, Bupati Pringsewu Resmikan Rumah Produksi Batik Ramones Art


Acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Ny. Rita Irviani Fauzi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan sekaligus Plt Kadis Koperindag dan UKM Junaidi Hasyim, Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Syamsir Kasim, Kadis Kominfo Kuddus Heriyanto, jajaran Asosiasi Pengusaha Batik dan Tenun Nusantara Lampung, DPW, Dekranasda, Camat beserta Uspika, Lurah serta masyarakat setempat.

Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutannya menginginkan agar batik khas Pringsewu mulai dikembangkan secara lebih luas. Karenanya, kata bupati, Pemkab Pringsewu sangat mengapresiasi apa yang sudah dibuat oleh Ramones Art  tersebut.

Bupati Pringsewu juga menginginkan setiap event di Kabupaten Pringsewu agar selalu mengenakan Batik Pringsewu.

Selain itu, Bupati Pringsewu Sujadi juga mempersilakan Ramones Art untuk menjalin kerjasama dengan galeri-galeri besar, sekaligus mencari bapak angkat.

“Bila memang diperlukan campur tangan pemerintah daerah dalam bentuk dukungan tertulis, tentu Pemkab Pringsewu siap sedia membantu,” kata Bupati.

Bupati juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Ramones Art, dalam pengembangan karya batik yang tidak melulu diaplikasikan hanya pada baju dan lainnya, tetapi juga bisa pada benda-benda lain seperti dinding, lantai atau ubin, bangunan gedung dan lain-lain yang dimasukkan unsur batik.

Untuk di Provinsi Lampung ini, lanjut bupati, bisa juga dipadukan  unsur antara batik dan tapis, yang juga diamini oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi.

Ditambahkan oleh Wakil Bupati Pringsewu, Ramones Art bisa juga melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu, dalam rangka mengembangkan karya batik Pringsewu, dengan mencetak calon-calon pembatik handal, dengan cara melakukan kegiatan pelatihan membatik untuk siswa-siswi mulai SD atau SMP dan bahkan hingga SMA/SMK.(Nga)
Diberdayakan oleh Blogger.