Hanya 167 Peserta CPNS Lampung Timur Yang Lolos Passing Grade Dari 6.046 Orang


KATALAMPUNG.COM - Tes tahap pertama seleksi penerimaan CPNS 2018 untuk wilayah Kabupaten Lampung Timur telah berakhir. Tes dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 13 November 2018 di Wisma Haji Al–Khairiyah, Kota Metro. Dari hasil tes, hanya 167 peserta yang berhasil lulus sesuai dengan Passing Grade (Batas Minimal Yang Harus Dicapai) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.


Hanya 167 Peserta CPNS Lampung Timur Yang Lolos Passing Grade Dari 6.046 Orang


Untuk diketahui jumlah pendaftar formasi CPNS pada seleksi penerimaan CPNS 2018 untuk wilayah Kabupaten Lampung Timur tercatat sejumlah 6.335 orang. Namun pada pelaksanaannya hanya 6.046 peserta saja yang mengikuti tes, dan 289 peserta tidak mengikuti karena tidak hadir.

Dari total peserta yang mengikuti test CAT SKD sejumlah 6046 orang tersebut, hanya 167 peserta atau 2,7% saja dari total peserta yang berhasil mencapai atau melampaui Passing Grade.

Minimnya jumlah peserta yang berhasil lulus tersebut, dikarenakan sebagian besar peserta gagal memenuhi nilai pasing grade yang telah ditentukan khususnya pada kelompok soal Test Karakteristik Pribadi (TKP) yakni 143 poin.

Dalam tahapan tes SKD sendiri, bagi pelamar formasi umum dibagi menjadi tiga bagian yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Test  Karakteristik Pribadi (TKP) yang mana masing-masing bagian memiliki nilai ambang batas minimum yang harus dipenuhi peserta yakni 75 (TWK), 80 (TIU), dan 143 (TKP).

Sementara itu bagi pelamar Formasi Honorer K2 memiliki kriteria khusus yakni 60 (TIU) dan memiliki jumlah akhir tidak kurang dari 260 poin.  

Ketika dimintai keterangannya mengenai hal itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Lampung Timur M. Noer Al Syarif di ruang kerjanya, Kamis (15/11/2018), mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur tetap melakukan koordinasi dengan pihak pusat serta menunggu informasi lebih lanjut mengenai tahapan tes selanjutnya.  

“Alhamdulillah selama 5 hari pelaksanaan kemarin peserta CPNS yang ikut di Wisma Haji Kota Metro semuanya berjalan dengan baik dan kondusif. Kita juga selalu melakukan koordinasi dengan pihak pusat dan Kepala BKD dari daerah-daerah lain karena persoalan ini tidak hanya terjadi di daerah kita tapi seluruh Indonesia memang rata-rata yang lulus kurang dari 10%,” jelasnya.    

Menurut M. Noer, Formasi yang dibutuhkan berjumlah 449 orang dan yang lulus hanya 167 orang sehingga panitia daerah masih menunggu informasi dari pusat yakni kemenpan RB untuk menurunkan passing grade atau nantinya dilakukan perangkingan dalam rangka mengisi kekosongan yang ada. “karena formasi itu gak mungkin kosong, harus diisi,” ucapnya.

Ia menambahkan, tes tahap pertama dan kedua memiliki bobot nilai yang berbeda dimana tes tahap pertama memiliki bobot nilai sebesar 40% sementara itu tes tahap kedua memiliki bobot nilai sebesar 60% dan bagi peserta yang nantinya telah ditetapkan lulus pada seleksi SKD selanjutnya akan mengikuti tes tahap kedua atau SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 28 November 2018.(jhoni)
Diberdayakan oleh Blogger.