Harimau Terjebak di Dalam Ruko, BBKSDA Riau Lakukan Penyelamatan

KATALAMPUNG.COM - Seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) terjebak di antara ruko warga di areal pasar yang padat penduduk di Kec. Pulau Burung, Kab. Indragiri Hilir, Prov. Riau.




Sampai, Jum’at pagi (16/11) tim gabungan masih bergantian melakukan penjagaan di areal pasar di mana lokasi harimau berada.

Sebagaimana dilansir dari instagram dan twitter Kementerian LKH dan BBKSDA Riau disebutkan penyelamatan itu dipimpin langsung oleh Kepala Bidang KSDA Wil. I, Mulyo Hutomo.

Tim Rescue diturunkan langsung oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau setelah mendengar adanya seekor Harimau Sumatera yang terjebak, Rabu, 14 November 2018.

Masyarakat menemukan harimau tersebut terjebak di antara ruko warga di areal pasar yang padat penduduk di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Aksesibilitas menuju dan keluar dari TKP menjadi tantangan terberat Tim untuk bisa cepat berada di lokasi. Tim bersama BPBD, Polsek, Koramil, aparat Kecamatan dan warga setempat terus berupaya membebaskan satwa belang tersebut.

Akses menuju TKP harus ditempuh dengan kendaraan darat dan air.

Harimau yang telah lolos dari celah ruko masuk ke kolong bawah ruko dimana ketinggian kolong ruko kurang dari 75 cm. Tim sepakat untuk menembak bius harimau itu.

Sempitnya kolong membuat tim cukup sulit untuk mencari posisi harimau. Begitu ditemukan ternyata harimau berada di saluran pembuangan kamar mandi. Petugas hanya bisa melihat dari celah sempit.

Harimau Terjebak di Dalam Ruko, BKSDA Riau Lakukan Penyelamatan


Setelah menemukan titik lokasi, tim langsung mengambil keputusan untuk melakukan tembak bius. Penyisiran seluruh sudut dilakukan saat efektif bius berkisar kurang lebih 2 jam, namun harimau tidak ditemukan.

Baca Juga: Akhirnya, Harimau Yang Terjebak di Kolong Ruko Berhasil Dievakuasi

Berselang 60 menit kemudian, tim baru menemukan celah perselisihan pondasi tempat satwa masuk dan bersembunyi. Setelahnya, tim langsung membuat lubang besar untuk memasukkan lampu dan video, agar dapat memastikan posisi tembak yang kedua.(tim/kl)
Diberdayakan oleh Blogger.