Peduli Sanitasi, YKWS dan Mitra Bentala Adakan Lampung Sanitation Week

KATALAMPUNG.COM - Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) dan Yayasan Mitra Bentala melaksanakan Lampung Sanitation Week yang bertujuan untuk meningkatkan peran para pihak khususnya anak muda dan masyarakat untuk peduli terhadap sanitasi di Provinsi Lampung.


Peduli Sanitasi, YKWS dan Mitra Bentala Adakan Lampung Sanitation Week


Ketua YKMS, Febrilia Ekawati, mengatakan Kolaborasi para pihak menjadi kunci peringatan Hari Toilet Sedunia pada 19 November 2018. Momentum ini untuk mengingatkan akan potensi krisis akibat sanitasi buruk yang dapat mengancam generasi bangsa dan mengajak semua pihak berkolaborasi untuk memastikan setiap orang terhubung ke pengelolaan sanitasi aman pada tahun 2030.

"Sebagai bentuk dukungan dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan point 6, yaitu akses sanitasi aman dan kebersihan yang berkelanjutan bagi semua. SNV Netherland Development Organisation dan pemerintah Provinsi Lampung berkerjasama dengan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) dan Mitra Bentala melalui program Voice For Change Partnership (V4CP) dan Water Sanitation, and Hygiene for Sustainable Development Goals (WASH SDGS) berkolaboras menyelenggarakan Lampung Sanitation Week," jelas Febrilia Ekawati, di Cikwo Resto & Coffe, Bandar Lampung, Rabu, 14 November 18.

Ia menambahkan, Lampung Sanitation Week merupakan rangkaian kegiatan yang berlangsung selama satu pekan (19 -25 November 2018) yang betujuan meningkatkan peran para pihak khususnya anak muda dan masyarakat untuk peduli terhadap sanitasi di Provinsi Lampung.

"Acara ini melibatkan semua stakeho|der yang terdiri dari pemerintah, institusi pendidikan (sekolah dan universitas), Civil Society Organisation (CSO), dan anak muda. Melalui Lampung Sanitation Week, SNV Indonesia berharap isu sanitasi dapat diketahui banyak pihak dan rasa tanggung jawab untuk memperbaiki kondisi sanitasi di Provinsi Lampung menjadi kepedulian semua pihak," ucapnya.

Acara ini akan dimulai dengan kegiatan Sanitation Goes to Campus di STMIK Peringsewu pada 19 November. Learning event “Pencapaian Target Universal Akses Sanitasi 2019 di Provinsi Lampung” melibatkan dinas terkait dari 15 kabupaten/kota akan dilakukan di Hotel Horison Bandar Lampung pada 21 22 November.

"SNV Indonesia yang juga memiliki inisiatif pemberdayaan pemuda, Youth Empowerment for 5065 (YES), yang mengajak anak muda untuk aktif dalam acara Lampung Sanitation Week. Termasuk pada kegiatan Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada tanggal 23 25 November," katanya.

Kegiatan sosialisasi CTPS ini akan diselenggarakan di sekolah-sekolah dasar di Bandar Lampung, Metro dan Lampung Selatan. Para murid sekolah dasar dan masyarakat akan diberikan edukasi bagaimana praktek CTPS yang benar dan dampak positif dari menerapkan CTPS.

Melalui kegiatan CTPS, diharapkan kesadaran dini akan pentingnya CTPS bisa terbentuk.

"Puncak acara Lampung Sanitation Week ini akan dirayakan pada Ahad, 25 November. Dimulai pagi hari pada kegiatan Car Free Day, dengan melalukan kampanye bersama. Dan dilanjutkan pada siang hari dengan kegiatan Festival Sanitasi di Mall Kartini Bandar Lampung," ungkapnya.

Lanjutnya, Festival Sanitasi akan melibatkan kader-kader Youth Sanitation Camp. Para kader akan mendeklarasikan komunitas Pemuda Lampung Peduli Sanitasi.

Festival ini juga menghadirkan komunitas kreatif yang akan menampilkan stand-up comedy dan musik Beat Box yang akan menyinggung isu sanitasi.

Selain itu, ada pameran foto dan talkshow dengan tema “Peran pemuda dalam pembangunan sanitasi di Provinsi Lampung”. Sebagai Guest Star pada festival sanitasi, akan menghadirkan group Band Batas Senja.(cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.