Way Kambas Forest Photography Festival, Berwisata Sambil Jepret Gajah

KATALAMPUNG.COM - Salah satu agenda kegiatan pada Festival Way Kambas ke-XVIII tahun 2018 adalah Forest Photography Festival. Ajang Forest Photography Festival ini ditujukan tidak hanya untuk berwisata saja, namun juga sebagai wadah bagi para Fotografer untuk mengabadikan foto satwa andalan Way Kambas yakni Gajah.


Way Kambas Forest Photography Festival, Berwisata Sambil Jepret Gajah


"Berwisata sembari fotografi di Taman Nasional Way Kambas adalah sebuah momen yang paling indah, karena selain dapat menikmati pemandangan alam juga dapat mengabadikan foto satwa, rerumputan yang hijau dan senja sore membawa kesan luar biasa bagi wisatawan," ujar salah seorang pengunjung yang juga fotografer asal Bandar Lampung kepada wartawan.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengatakn, Lomba Forest Photography tidak hanya diikuti oleh masyarakat lokal Lampung, tetapi juga dari berbagai daerah di Nusantara. Ada wisatawan fotografer yang berasal dari Yogyakarta, Jakarta dan kota lainnya.

Pemenang dari gelaran akan ini diumumkan pada tanggal 11 November atau bertepatan pada hari penutupan Festival Way Kambas.

“Selain tujuannya positif dan baik, Festival Way Kambas juga menjadi salah satu ajang promosi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan mempromosikan tentang apa saja keindahanya, sekaligus mengingatkan pengunjung untuk menjaga kebersihan dan kelestarian hutan,” ujar Nunik, panggilan akrab Chusnunia.

Way Kambas Forest Photography Festival, Berwisata Sambil Jepret Gajah


Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur juga mengabadikan siapa saja wisatawan yang berkunjung di Way Kambas. Selain bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni wisatawan fotografi, Bupati Lampung Timur juga mengajak masyarakat untuk bisa menikmati keindahan alam dengan gajah-gajah di Taman Nasional Way Kambas.

”Dengan diagendakan festival setiap tahun, kita juga harus mempromosikan tentang apa saja menjadi keindahan alam di Way Kambas dan mengabadikan siapa saja yang sudah datang ke tempat ini,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menunjukan ratusan foto para fotografer yang unik dan menarik. Foto-foto itu ditempel di dinding stand FWK 2018.

Way Kambas Forest Photography Festival, Berwisata Sambil Jepret Gajah


Dari segi aturan, para peserta lomba selain berpose atau gaya bersama Gajah, fotografer juga dituntut menampilkan tentang keindahan alam yang ada di Taman Nasional Way Kambas.

Untuk diketahui event festival berskala nasional ini mengangkat tema "Konservasi Untuk Kesejahteraan”. Dengan agenda kegiatan, yakni pada 9 November 2018 terdapat Festival Kuliner, Jejak Petualang, Forest Fotography Festival, dan Parade Budaya/Delfie dari 24 Kecamatan se-Lampung Timur.

Way Kambas Forest Photography Festival, Berwisata Sambil Jepret Gajah


Sedangkan pada 10 November 2018 akan ada Lomba Kreasi Souvenir, Way Kambas 10K, Sketsa Way Kambas, Mocaf Colour Fun, Jalan-Jalan 4×4, Way Kambas Adventure Trail, Lomba Tari Kreasi dan Lomba Tari Bali, Parade Band Way Kambas, serta Tari Melinting Massal.

Pada penutupan, 11 November 2018, akan diadakan gelaran Way Kambas Idol, Lomba Tari Bedana dan Tari Bedana Massal, Festival Buah Nusantara, Festival Motor Antik, Fun Bike/Sepeda Nusantara  dan XC/MTB, serta Mocaf Colour Fun.(Lipsus)
Diberdayakan oleh Blogger.