Galang Dana untuk Korban Tsunami Lamsel, BMI Hongkong Saksikan Kondisi Terkini via Live Report ACT


KATALAMPUNG.COM - Buruh Migran Indonesia (BMI) asal Temanggung Jawa Tengah merespons kejadian tsunami di Lampung Selatan dengan menggalang dana kemanusiaan di tiga lokasi pada 25-26 Desember 2018.


Galang Dana untuk Korban Tsunami Lamsel, BMI Hongkong Saksikan Kondisi Terkini via Live Report ACT


Menurut perwakilan BMI Hongkong Sinta Asmarani aksi penggalangan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap warga penyintas tsunami di Indonesia tepatnya di Lampung Selatan dan Banten.

Awalnya, dirinya mendapatkan infor dari group WhatsApp sehingga tergugah hatinya untuk membantu semampunya. Pada musim liburan kali ini mayoritas buruh migran asal Indonesia dan negara lainya berkumpul di tempat umum seperti Yue Polam, Jembatan Mongkok dan Victoria Park Hongkong.

Moment tersebut dimanfaatkan empat perwakilan BMI diantaranya Maharani, Tanti, Tyas dan dirinya untuk berkeliling menggalang donasi.

Menurutnya aksi tersebut bukan yang pertama, pada gempa Palu, Sigi dan Donggala juga sudah melakukan aksi.

“Ini aksi spontan, awalnya kami malu untuk share, tapi alhamdulillah sekarang kami bangga menjadi relawan untuk galang dana, kami hanya menggerakan hati teman-teman untuk berbagi,” ucapnya.

Masih menurutnya sambutan buruh migran sangat positif dan antusias. Selain komunitasnya, banyak majelis lain yang juga menggalang donasi.

Dirinya berharap dampak Tsunami yang terjadi di Lampung Selatan dan Banten dapat dikendalikan. Dirinya juga mempercayakan penyaluran hasil penggalangan melalui ACT Lampung.

Menurutnya ACT dianggap sangat tanggap terhadap bencana yang terjadi di Indonesia dan dunia.

“Kali ini ketuanya nggak libur jadi saya yang mewakili, Kami mau menggalang lagi pas libur tahun baru. Ini rejekinya warga yang kena tsunami di Lampung Selatan, semoga sabar dan lekas pulih,”jelasnya.

Menyambut aksi tersebut, Marketing Komunikasi ACT Lampung, Hermawan Wahyu Saputra, langsung mengajak live report melalui instagram resmi @act_lampung. Live report tersebut untuk mengabarkan kepada masyarakat bahwa kepedulian terus mengalir dari warga Indonesia yang tinggal di Negara seberang.

Menurutnya dana yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk makanan siap santap yang diolah melalui Dapur Umum. Saat ini sudah aktif tiga dapur umum di Way Muli, Way Muli Atas dan Way Panas.

Selain itu sudah dibuka Posko Induk untuk menampung logistik dari masyarakat. Logistik akan disalurkan ke beberapa posko kemanusiaan, dapur umum dan posko kesehatan.

“Kedepan akan intensif berkomunikasi dengan teman-teman di Hongkong dan negara lainya, semoga aksi kemanusiaan ini dapat meringankan beban para penyintas Tsunami,” pungkasnya.

Editor: Fery
Diberdayakan oleh Blogger.