ISEI dan PI ISEI Lampung Salurkan Bantuan ke Korban Tsunami Selat Sunda


KATALAMPUNG.COM – Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Persatuan Istri ISEI (PI ISEI) Cabang Lampung mendistribusikan bantuan ke korban Tsunami Selat Sunda. Bantuan tersebut didistribusikan ke beberapa desa di Lampung Selatan.


ISEI dan PI ISEI Lampung Salurkan Bantuan ke Korban Tsunami Selat Sunda


Ketua PI ISEI Lampung Marselina dalam keterangannya mengatakan, PI ISEI dan ISEI Lampung telah mendistribusikan bantuan dari berbagai pihak berupa 2000 nasi bungkus dan air mineral kepada korban Tsunami Selat Sunda. Menurutnya, titik fokus bantuan diarahkan ke desa-desa di Kalianda, Lampung Selatan, Selasa, 25 Desember 2018.

“Masih banyak kebutuhan para korban yang harus kita bantu, berupa sembako, pakaian, selimut dan lainnya. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan kami masih bisa membantu melalui donasi dari rekan-rekan,” kata Marselina melalui keterangan via WhatsApp.

ISEI dan PI ISEI Lampung Salurkan Bantuan ke Korban Tsunami Selat Sunda


Sementara itu, Sekretaris ISEI Lampung Usep Syaipudin mengatakan, Bencana Tsunami telah memakan korban jiwa dan menghancurkan pemukiman serta berbagai fasilitas umum maupun sarana ekonomi atau mata pencaharian penduduk sekitar. Selain penanggulangan darurat bencana (bantuan makanan, pakaian, pengobatan), kata Usep, dibutuhkan pemulihan trauma pasca bencana.

“Yang paling penting adalah pemulihan kegiatan ekonomi masyarakat. Ini yang memerlukan keseriusan dan sinergi berbagai pihak baik Pemerintah Pusat dan Daerah, lembaga-lembaga donor, organisasi profesi, kampus, dan termasuk masyarakat itu sendiri untuk bisa kembali memiliki kehidupan yang layak,” ujar Usep, Rabu, 26 Desember 2018.

Usep menambahkan, bantuan yang disalurkan oleh ISEI dan PI ISEI Lampung saat ini adalah berupa bantuan darurat. Menurutnya, selain bantuan darurat ini, ada hal yang sangat fundamental, yakni bagaimana masyarakat setempat untuk bisa melanjutkan kehidupannya ke depan.

“Saya pikir organiasi profesi seperti ISEI harus mengambil peran dalam program pemulihan kegiatan ekonomi masyarakat korban Tsunami. Begitupun organisasi profesi yang lain sesuai dengan bidangnya masing-masing,” terangnya.

ISEI dan PI ISEI Lampung Salurkan Bantuan ke Korban Tsunami Selat Sunda


Selain itu, Usep juga berterima kasih atas keterlibatan 30 unit personil GASPOOL (Gabungan Admin Shelter Pengemudi Ojek Online Lampung) yang turut andil memudahkan distribusi bantuan. Sebab, untuk menuju lokasi terdampak bencana sangat sempit dan berantakan, sehingga membutuhkan kendaraan roda dua untuk menjangkaunya.

Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.