Gubernur Ridho Dampingi Kepala BNN Serahkan Bantuan Untuk Korban Tsunami di Desa Way Muli


KATALAMPUNG.COM - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo secara simbolis menerima bantuan dari Kepala BNN Pusat Inspektur Jenderal Heru Winarko dalam rangka kegiatan Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan BNN di Desa Way Muli, Senin (7/1) pagi. Bantuan kemudian diserahkan kepada masyarakat yang terkena dampak tsunami di Desa Way Muli dan Desa Kunjir, Kalianda, Lampung Selatan.


Gubernur Ridho Dampingi Kepala BNN Serahkan Bantuan Untuk Korban Tsunami di Desa Way Muli


Heru Winarko dalam sambutannya mengatakan, selain bantuan berupa layanan kesehatan dan bantuan logistik lainnya, BNN juga memberikan bantuan dokter dan psikiater untuk pemulihan pasca bencana.

"Mungkin banyak yang bertanya-tanya BNN kok datang diakhir, selain dari kami ingin melihat bantuan apa saja yang masih dibutuhkan, kami juga memang memfokuskan pada bantuan pasca bencana, yakni trauma healing, itu yang terpenting," ucapnya.

Sementara itu Gubernur M.Ridho Ficardo mengatakan bahwa masyarakat Lampung membutuhkan uluran tangan dari semua kalangan untuk dapat melewati bencana tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Tidak ada kata terlambat, semua pihak punya perannya masing-masing, untuk itu saya ucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh BNN. Karena sebenarnya Pak Heru ini bukan orang lain, beliau adalah saudara kita, banyak jasa beliau saat masih jadi Kapolda Lampung, beliaulah yang menyelesaikan konflik Balinuraga dulu," papar Ridho

Gubernur Ridho juga memaparkan bahwa berkat soliditas Forkopimda Provinsi Lampung, penanganan darurat bencana dapat dilakukan dengan cepat dan terpadu. Adapun bantuan yang diperlukan saat ini adalah penanganan trauma healing dan rehabilitasi rumah.

"Saat ditanya oleh pusat butuh bantuan apa dari pusat, Alhamdulilah untuk bantuan kesehatan, logistik dan lain sebagainya kami masih bisa tangani, justru yang kami butuh bantuan adalah untuk penanganan pasca bencana, trauma healing dan rehabilitasi rumah," kata Gubernur

Adapun bantuan yang diberikan oleh BNN selain layanan kesehatan dan trauma healing, BNN juga memberikan bantuan berupa peralatan sekolah yang terdiri dari buku tulis sebanyak 1500 pack, pensil 1500 pack, dan 500 tas sekolah. Kemudian bantuan makanan dan minuman, terdiri dari 100 Kardus Indomie, Air Kesehatan 1500 botol, 1000 box susu kental manis. Kemudian ada juga Peralatan dapur sebanyak 368 paket senilai 46juta, terdiri dari dandang, tempat air minum plastik, gelas melamin, centong nasi, wajan, sutil, dan saringan penggorengan.


Sementara itu Pak Jamra, mewakili Kepala Desa Way Muli menyatakan terimakasih atas semua bantuan yang tekah diberikan kepada masyarakat desa Way Muli dan Desa Kunjir.

"Saya atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih atas semua bantuan yang diberikan kepada kami, terutama kepada Pak Gubernur dan Kepala BNN yang telah hadir bersama-sama kami disini hari ini," katanya

Menurut Pak Jamra masih banyak warga desa yang trauma, banyak yang belum mau turun dari bukit, apalagi dengan banyaknya informasi yang simpang siur beberapa waktu lalu. "Masyarakat masih banyak yang trauma pak, namun dengan hadirnya bapak-bapak dari pemda dan BNN hari ini telah menunjukan kepada masyarakat bahwa bahaya tsunami sudah tidak ada," harap Jamra.

Selain Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Kepala BNN Inspektur Jenderal Heru Winarko, kegiatam juga dihadiri oleh Kapolda Lampung, Deputi Rehabilitas BNN Pusat, Deputi Pemberdayaan Masyarakat, dan masyarakat setempat.(***)
Diberdayakan oleh Blogger.