Ratusan Muli Mekhanai Muara Putih Gelar Manjau Tiyuh


KATALAMPUNG.COM - Ratusan orang muda-mudi Muli mekhanai yang tergabung pada perserikatan Lampung Bersatu menggelar acara silahturahmi Manjau Tiyuh di Aula Sosial tiyuh Muara Putih, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (26/01/2019).


Ratusan Muli Mekhanai Muara Putih Gelar Manjau Tiyuh


Ketua Panitia Anek Mekhanai Muara Putih, Ari Wahyudi mengatakan, acara adat yang dikemas dalam balutan konseptual milenial ini berlangsung sebagai bentuk upaya pelestarian adat sekaligus menjalin tali persaudaraan seluruh anek muli mekhanai se-Provinsi Lampung.

"Acara ini sebagai momentum silahturahmi, sebenarnya sudah beberapa kali kita helat di beberapa daerah lain bersama Lampung Bersatu, hanya bedanya kali ini kita dipercaya sebagai tuan rumah," katanya, Sabtu (26/01/2019).

Dalam perhelatan itu, ratusan orang terlibat dan antusias menjalani beberapa sesi rangkaian acara, setidaknya pada kegiatan itu pula tercatat sekitar 36 perwakilan tiyuh atau kampung yang mengirimkan perwakilan, beragam acara tersaji pun menjadi kemeriahan tersendiri baik bagi peserta maupun warga yang hadir.

"Peserta merupakan muda-mudi muli mekhanai se-Lampung, perwakilan yang hadir mulai dari Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah, pesawaran dan beberapa kabupaten lain," ujar Yudi.

Lebih lanjut Kepala Mekhanai Muara Putih, Yudi juga tak lupa menyampaikan apresiasi sekaligus rasa bangga pada Muli Mekhanai Muara Putih, pun kepada masyarakat terlibat, tokoh pemuda dan tokoh adat setempat yang telah memberi ruang dan turut berpartisipasi mensukseskan acara.

"Ucapan terimakasih setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada seluruh para pihak terlibat, kaum adat, tetua kampung dan unsur petinggi adat muara putih yang telah turut berpartisipasi dan menyukseskan acara ini, semoga moment ini selalu terpelihara dan kedepanya diiringi oleh berbagai kemajuan," jelasnya.


Sementara itu, Admin atau Pengurus Lampung Bersatu, Alpian yang juga berkesempatan mewakili muli mekhanai Negeri ulangan jaya, Branti, Natar Lampung Selatan, juga mengucapkan terimakasih pada anek muara putih yang telah bersedia menjadi tuan rumah sekaligus pelaksana acara yang sukses memulai silahturahmi Lampung Bersatu di Awal tahun 2019.

"Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang hadir baik muli mekhanai, maupun para undangan yang telah hadir, semoga acara pelestarian adat Ini dapat terus lebih baik kedepanya," kata Alpian dalam sambutanya.

Dilain pihak, Tokoh Adat selaku Pengetuho Anek Muara Putih, Hi.Imron Suttan Rajo Sebuai juga menyampaikan hal yang sama, selain menyatakan support dan dapat diteruskan antar generasi, beliau juga berharap acara serupa dapat terus berjalan di beberapa daerah lain yang akan mendapat giliran.

"Semoga apa yang menjadi program dan tujuan dari muli mekhanai dapat berjalan lebih baik kedepan, segala suport kami sampaikan, karena kami sangat mendukung kegiatan ini, tentunya dengan harapan dapat lebih baik dari generasi ke generasi," tutupnya.(***)
Diberdayakan oleh Blogger.