Sah! Alumni Unila Miliki Graha IKA Unila, Dimulai Dengan Peletakan Batu Pertama Hari Ini

KATALAMPUNG.COM - Alumni Universitas Lampung yang tergabung dalam IKA Unila bakal memiliki gedung sekretariat mandiri. Tepatnya di Kelurahan Gedong Air, Tanjung Karang, Bandar Lampung.



Sah! Alumni Unila Miliki Graha IKA Unila, Dimulai Dengan Peletakan Batu Pertama Hari Ini


Sebagai bentuk keseriusannya, hari ini Sabtu, (26/1/19) secara resmi peletakan batu pertama ditancapkan di lahan seluas 2.200 meter persegi yang merupakan hibah dari Ketua IKA Unila yang kini menjabat sebagai Jaksa Agung RI HM Prasetyo.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P, mengatakan, alumni merupakan suatu cerminan dari suatu perguruan tinggi. "Jadi kalau ingin melihat majunya perguruan tinggi lihatlah kinerja alumni yang sudah di masyarakat," terangnya.

Ia menambahkan, di era sekarang semakin dibutuhkan persatuan alumni. Pada era industri 4.0 ini peranan ijazah mulai berkurang, dan lebih mementingkan kompetensinya. "Artinya bahwa peranan sertifikat malah sangat dibutuhkan," kata dia.

"Gedung Alumni ini saya kira suatu yang sangat dibutuhkan untuk menghimpun Alumni untuk saling berbagi," jelas Hasriadi.

Menurutnya, Unila saat ini sedang menghadapi persaingan yang sangat ketat, dimana perguruan tinggi di Indonesia berlomba-lomba untuk maju. Ia menilai Unila saat ini sedang bertransformasi menjadi Riset University dan sekarang sedang membuat LPJP untuk sampai tahun 2045.

"Kita berharap di tahun 2030 kita sudah masuk ke dalam Entrepreneur University. Artinya lulusan Unila ini tidak lagi ber-mindset 90% harus menjadi PNS. Tetapi lulusan Unila ini menjadi sebagai insan-insan muda yang mempunyai jiwa Entrepreneur yang tinggi yang justru akan membuka lapangan kerja di dalam masyarakat," ucapnya.

Ia berharap untuk para alumni agar bersama-sama men-support pembangunan ini, yang kelak akan diresmikan menjadi Gedung Alumni.

"Saya kira dalam waktu yang dekat ini barangkali kita perlu mengumpulkan seluruh ulumni dan mari kita bersama-sama dan bergotong royong untuk membangun gedung ini," katanya.

Dilain pihak, Ketua Harian IKA Unila, Prof. Dr. Ir. Irwan Effendi, M.S., menyampaikan, IKA Unila telah berhasil melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Graha IKA Unila. "Kami mengucapkan terima kasih banyak terutama kepada Jaksa Agung sebagai Ketua Alumi Unila yang telah menghibahkan lahan seluas 2.200 meter."

"Pada waktu penyerahan lahan ini saya mulai berpikir kapan kita akan mulai membangun," jelas Irwan.

Menurut Irwan, luas bangunan yang akan dibangun 700 meter persegi per lantai, dengan biaya sebesar Rp 27 Miliar. 

"Sementara untuk pemanfaatan gedung yang pertama adalah untuk kantor sekretariat Unila dan teman-teman setiap fakultas, kemudian untuk di lantai 1 itu akan dibuat ruko atau tempat kegiatan, kemudian lantai 2 adalah gedung sekretariat, dan akan ada gedung serba guna (GSG) bahkan bisa dipergunakan seperti resepsi pernikahan, dan yang untuk lantai 3-5 itu akan digunakan sebagai apartemen mahasiswa," paparnya.

Untuk jangka waktu pembangunan Gedung IKA Unila ini, kata Irwan, akan dilaksanakan dalam waktu 1 tahun.

Hadir dalam pelaksanaan peletakan batu pertama pembanguna Gedung IKA Unila ini Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P, Sekda Provinsi Lampung, Plt. Sekdaprov Hamartoni Ahadis, Kadis Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung Chrisna Putra, Kejati Lampung, Susilo Yustinus, dan Seluruh Ketua IKA Unila serta jajarannya.

Reporter: Cholik
Editor: Feri
Diberdayakan oleh Blogger.