Industri Pariwisata Lampung Tumbuh 58 Persen

KATALAMPUNG.COM - Berdasarkan data Badan pusat statistik, pertumbuhan pariwisata Lampung tercatat tertinggi kedua secara nasional setelah Sumatera Utara. Dari data yang sama tercatat bahwa industri pariwisata Lampung tumbuh 58 persen dengan total wisatawan mancanegara tahun 2017 mencapai 245.372 orang.

Industri Pariwisata Lampung Tumbuh 58 Persen

Pemerintah Provinsi Lampung bahkan menetapkan industri pariwisata sebagai salah satu di antara tiga industri lainnya dalam membantu meningkatkan perekonomian Lampung.

Pesatnya pertumbuhan pariwisata di Lampung juga tidak bisa dilepaskan dari kontribusi event-event besar yang diadakan seperti Lampung Krakatau Festival, Festival Teluk Sabas, Krui Surf Fest, dan berbagai gelaran event lainnya

Namun, berdasarkan hasil analisa LOKET, perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia, pertumbuhan event berskala kecil dan menengah masih rendah.

Oleh karenanya, LOKET hadir di Lampung untuk berkolaborasi dengan para insan kreatif Lampung untuk mengelola event secara mandiri melalui platform unggulannya, yakni Loketcorn.

Tujuannya tak lain agar para komunitas ini dapat menjadi Event Creator lokal yang mampu mendukung industri kreatif dan pariwisata di Lampung.

VP Consumer Solutions LOKET, Rama Adrian, mengungkapkan pesona dan potensi pariwisata yang dimiliki Lampung adalah sebuah peluang yang harus dimanfaatkan oleh 3 insan kreatif, baik komunitas maupun individu untuk membuat event-event berkualitas guna menarik lebih banyak pengunjung dan meramaikan pariwisata Lampung.

"Lampung memiliki julukan sebagai The Treasure of Sumatera dimana hal ini juga menjelaskan besarnya potensi Lampung di industri pariwisata, yang mana potensi ini dapat dikatakan sebagai pintu gerbang yang sangat baik bagi penyelenggaraan event Bagaimanapun akhirnya, penyelenggaraan event memiliki dampak berantai terhadap roda perekonomian," jelas Rama di Cafe Wood Stairs, Kamis, (11/04/2019).

Lanjutnya, Salah satunya dapat terlihat dari jumlah pengunjung yang hadir dimana tidak hanya pengunjung dari lokal tetapi juga daerah lain.

"Kemudian, tumbuhnya sektor ekonomi dari sisi akomodasi, makanan dan minuman serta merchandise resmi yang dijual dalam penyelenggaraan event-event tertentu," ucapnya.

Menurut Rama, bahwa potensi tersebut sangat bisa dimanfaatkan untuk penyelenggaraan event yang mana tidak hanya terbatas pada skala event-event besar, tetapi juga skala kecil dan menengah.

"Kuncinya ada di kemudahan dan teknologi, baik dalam pembuatan maupun pengelolaan event. Sebagai pionir dalam industri teknologi event dan entertainment, LOKET percaya bahwa teknologi adalah milik semua kalangan dan siapapun bisa mendapatkan pengalaman mengelola event terbaik lewat teknologi, tanpa memandang skala event mereka," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya mewujudkan melalui platform Loket.com, salah satu layanan unggulan LOKET yang hadir melalui platform website dimana mengusung konsep self-service.

"Sektor Pariwisata Makin Optimal dengan Penyelenggaraan Event Secara umum, sejak diluncurkan pada Mei tahun 2018 lalu. platform Loketcom telah berhasil menumbuhkan lebih dari 4.000 Event Creator baru dengan penyelenggaran lebih dari 5.000 event di seluruh Indonesia," Jelasnya

Beranjak dari hal tersebut, LOKET merasa perlu melebarkan peranan teknologinya agar lebih banyak Event Creator di daerah dapat berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan industri kreatif dan juga pariwisata, tak terkecuali Lampung.

Marketing Manager Loket.com, Jojo Trijoko menjelaskan bahwa konsep seIf-service yang diterapkan pada platform Loketcom merupakan konsep hasil inovasi LOKET yang ditujukan untuk membantu para Event Creator dalam mengelola event mereka secara mandiri.

”Konsep ini kami pilih atas pertimbangan karakter target market kami dari kalangan Event Creator dari Komunitas dan individu, khususnya kalangan milenial kreatif yang memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap teknologi dan memiliki keterbatasan waktu untuk mengelola event mereka seperti promosi dan penjualan tiket," Jelas Jojo

Jojo melanjutkan, bahwa fitur-fitur pada konsep self-service dirancang untuk memberikan pengalaman manajemen event mandiri yang terbaik. Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online, bahkan analisis data akurat untuk mengoptimasi gelaran event berikutnya.

Selain itu, untuk pertama kalinya event-event pengguna bisa dipromosikan ke jutaan calon Pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP).

"Salah satunya GO-TIX yang kini dikelola oleh LOKET pasca diakuisisi oleh GOJEK pada tahun 2017. LOket.com juga dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh partner Pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment GO-PAY, dimana proses pembayaran tiket hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit,” Ucapnya

Selain itu, Kemudahan teknologi yang ditawarkan LOKET diamini oleh Putra Aulia Nur Iman- Event Creator Lampung yang belum lama ini sukses menyelenggarakan event jalan santai dan marathon dengan jumlah peserta mencapai 5.000 orang.

"Kendala utama yang sering dihadapi oleh kami, para Event Creator adalah promosi dan manajemen tiket. Apalagi untuk event yang menargetkan pengunjung lebih dari 2.000 orang dimana seringkali terdapat pendaftaran ganda dan sulit tertib saat penukaran tiket," katanya

Dan ini menjadi sangat kompleks dalam penyelenggaraan event marathon, karena peserta tidak hanya berasal dari Lampung tetapi juga kota-kota lain dari seluruh Indonesia.

Namun, kemudahan teknologi yang diberikan oleh LOKET menghilangkan kendala-kendala tersebut, sehingga penyelenggaraan event lebih maksimal. Bahkan, jumlah peserta di tahun ini meningkat hampir 50% dibandingkan tahun lalu.

"Sebagai pionir dalam industri teknologi event dan entertainment, LOKET terus mengembangkan inovasi untuk memberikan kemudahan serta pengalaman terbaik bagi Event Creator maupun audiens. Melalui inovasi-inovasi teknologi LOKET berusaha memberikan kemudahan-kemudahan yang membantu dan membuat mereka nyaman."

Sehingga baik penyelenggaraan event maupun konsumen dapat menikmati experience dari acara tersebut secara maksimal.

"Potensi pariwisata, komunitas kreatif, dan pemerintah yang suportif sangatlah strategis bagi inisiatif kami mengenalkan layanan Loket.com. Kami optimistis teknologi platform ini bisa diterima dengan baik dan diharapkan dapat menumbuhkan banyak para Event Creator baru yang tidak hanva meningkatkan ekonomi Lampung tetapi juga kehidupan sosial masyarakat melalui berbagai Kegiatan atau event yang membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar," tutup Rama.

Reporter: Cholik
Diberdayakan oleh Blogger.