Panwaslu Sukadana Gelar Bimtek Pengawasan Pemilu

KATALAMPUNG.COM - Jelang Pemilihan Umum 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 april mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur menggelar kegiatan bimbingan teknis bagi Pengawas Pemilu Lapangan dan Pengawas TPS Se-Kecamatan Sukadana.

Panwaslu Sukadana Gelar Bimtek Pengawasan Pemilu

Ketua Panwascam Sukadana, Purnama Hidayah menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan agenda wajib yang harus dilakukan untuk memantapkan kembali kesiapan seluruh jajaran. Ia mengatakan, prosedur dan aturan kerja harus dipahami sehingga tidak salah dalam bertindak di lapangan serta aman dalam penyelenggaraan.

"Bimtek ini digelar agar mereka benar-benar memahami tugas dan fungsinya sebagai pengawas pemilu, Petugas PPL, dan pengawas TPS kami minta dapat bekerja secara serius dan dapat memantau dan mengawasi jalannya pemilu, dengan memahami aturan dan prosedur yang ada, sehingga tidak salah bertindak saat di lapangan," kata Ketua Panwaslu Kecamatan Sukadana, Purnama Hidayah Dibalai Desa Pasar Sukadana, Kamis (11/04/2019).

"Bimtek ini juga bagian dari tahapan pengawasan yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu untuk menciptakan pemilu yang aman, lancar dan berkualitas," ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah pengawas TPS adalah satu orang setiap TPS yang memantau dan mengawasi jalannya pencoblosan nanti.

"Pengawas TPS memantau dan mencatat setiap apa yang mereka lihat dan melaporkan jika ada indikasi pelanggaran," ujarnya.

Dalam Bimbingan Teknis ini, ditunjukkan juga bagaimana cara menggunakan aplikasi Siwaslu. Menurut Purnama, seluruh Pengawas TPS harus bisa menguasai Aplikasi tersebut.

“Kami harap melalui bimtek ini dapat menjadi pedoman Pengawas TPS untuk melakukan Pengawasan dalam pemilihan Umum,” tutup Purnama Hidayah.

Reporter: Jhoni
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.