Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat Perlu Partisipasi Masyarakat


KATALAMPUNG.COM - Peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga perlu partisipasi nyata dari masyarakat sehingga diperlukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), agar masyarakat secara sadar menggiatkan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat. 

Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat Perlu Partisipasi Masyarakat

Sehubungan dengan hal itu hal itu Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Kesehatan terus menggelar kegiatan Germas yang mana kali ini dilaksanakan di Lapangan Puskesmas Desa Sumber Rejo Kecamatan Waway Karya, Selasa (02/04/2019.

Pada Germas kali ini dilakukan pula Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk. Pemberantasan ini dengan melakukan 3M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang atau memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty SP atau yang biasa kita kenal sebagai nyamuk demam berdarah.

Hadir Dalam Acara Tersebut Bupati lampung Timur Chusnunia Chalim,  Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Nila Sandrawati dan Anggota Ikatan Dokter Indonesia  (IDI) Lampung Timur dr. Jihan Nurlela, Camat Waway Karya dan Forkopimcam Waway Karya.

Setelah melakukan senam bersama, acara dilanjutkan dengan persembahan Tari Yamko Rambe Yamko dari TK Kartini, melakukan cuci tangan pakai sabun dan makan buah bersama.

Dalam kesempatan tersebut, Nunik sapaan akrab Chusnunia mengingatkan untuk selalu menjaga pola makan sehat dan kebersihan diri demi terciptanya hidup sehat.

“Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat jangan sembarangan makan, tidur yang cukup, makan-makanan sehat, sebanyak mungkin makan sayur dan buah-buahan. Kalau mau hidup sehat maka pola hidupnya juga harus sehat diiringi dengan pola makan sehat pula, Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga kesehatan diri kita," terangnya.

Berbagai kegiatan diadakan dalam Germas tersebut, termasuk memberikan tablet penambah darah pada remaja putri, PMT (Pemberian Makanan Tambahan) pada Bumil (Ibu Hamil) dan Balita, serta pemberian lotion anti nyamuk.

Selain itu dilakukan pula kampanye pembuatan Ovitraf (Perangkap Nyamuk), kampanye isi piringku, penyerahan paket perlengkapan ruang laktasi APBD 2018 sebagai sarana Intervensi Lokus Stunting.

Reporter: Jhoni
Diberdayakan oleh Blogger.