YAPAMEL Gelar Silaturahmi Penguatan Peran Masyarakat Adat Lampung


KATALAMPUNG.COM - Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Adat Lampung (YAPAMEL) Provinsi Lampung menggelar acara silaturahmi dalam rangka penguatan peran masyarakat adat Lampung, di Ballroom Hotel Emersia, Rabu (03/04).


YAPAMEL Gelar Silaturahmi Penguatan Peran Masyarakat Adat Lampung


Acara silaturahmi tersebut dihadiri Mentri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu yang bergelar Sutan Tuan Kaca Marga, serta 62 marga se-Provinsi Lampung.

Mentri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu mengatakan, dirinya merupakan penyemat raja kecil dengan gelar Sutan Tuan Kaca Marga. "Iya ini saya merupakan penyematan marga raja kecil," kata dia.

Dengan kegiatan yang bertemakan “Penguatan Peran Masyarakat Adat Lampung”, Ryamizard Ryacudu mengingatkan kepada pemegang adat masyarakat Lampung agar pemilu yang digelar nantinya dapat berjalan dengan baik.

Kemudian, ia juga mengingatkan agar dapat tabayyun atau mencari kejelasan tentang sesuatu hal hingga jelas benar keadaannya, terkhususnya terhadap informasi yang berkaitan dengan pemilu ini.

Ketua YAPAMEL Provinsi Lampung, Wan Abbas Zakaria menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan silaturahmi adat dari pembina YAPEMAL, Ryamizard Ryacudu dalam rangka untuk meningkatkan bagaimana peran Lembaga Adat Lampung dalam pembangunan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

"Sedikitnya kita memiliki tiga program unggulan, yang pertama pembinaan ekonomi bagi masyarakat, yang kedua pembinaan hukum, dan yang ketiga sosial dan budaya," ujarnya.

Menurutnya, lembaga adat ini berfungsi sebagai pemersatuan bangsa, "Karena mengingat masyarakat Lampung ini kan tidak hanya di Lampung saja, ada di luar provinsi dan bahkan di luar negeri," kata Wan Abbas.

Oleh sebab itu, bagaimana komponen adat ini dapat mempersatukan komponen bangsa, serta mampu membangun tali silaturahmi kita ke jenjang internasional. "Semoga ini menjadi modal dasar untuk kita mempererat tali silaturahmi agar lebih kuat," ujarnya.

Ia berharap, ke depannya Masyarakat Adat Lampung mampu memperkuat diri dengan cara seperti bergaul pada masyarakat lain agar kerjasamanya lebih koperatif.

"Karena tujuan kita kan bukan soal milih memilih, tapi bagaimana kita memajukan bangsa ini," tandasnya.

Reporter: Cholik
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.