Peringkat Merosot, Visi Unila 2025 Semakin Menjauh


KATALAMPUNG.COM – Peringkat Universitas Lampung (Unila) semakin merosot tajam, setelah Kemenristekdikti merilis 100 peringkat terbaik klasterisasi perguruan tinggi non vokasi tahun 2019. Dalam rilis tersebut, Kemenristekdikti menempatkan Universitas Lampung pada posisi ke 46. Posisi ini menurun dari posisi 21 pada tahun sebelumnya.

 
Peringkat Merosot, Visi Unila 2025 Semakin Menjauh
Foto: Gedung Rektorat Universitas Lampung (linkedin.com)

Padahal dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Unila 2005-2025 telah ditetapkan Visi Unila yaitu ”Pada Tahun 2025 Unila Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, Basuki selaku Ketua Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Lampung mengatakan, penurunan peringkat ini menandakan pihak Rektorat Unila lupa akan tujuan jangka panjang Unila yakni di tahun  2025 menjadi sepuluh besar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia.

“Selain terjadi penurunan peringkat dari tahun yang lalu, untuk target capaian Visi Misi Rektor di tahun 2019 jauh kebedug,” kata Basuki melalui pesan WhatsApp kepada katalampung.com, Kamis, 23 Agustus 2019.

Dirinya menduga, penurunan peringkat Unila ini karena pihak Rektorat sibuk projek pembangunan infrastruktur kampus ketimbang lebih meningkatkan sumber daya kampus.

“Miris, peringkat 46 ini cukup jauh untuk mengejar ketertinggalan,” tambahnya.

Sementara, dikutip dari Harian Fajar Sumatera Edisi Rabu, 21 Agustus 2019, Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin mengatakan, sistem penilaian Kemenristekdikti terhadap kriteria pemeringkatan perguruan tinggi mengalami perubahan.

“Sistem pemeringkatan perguruan tinggi sebelumnya terakumulasi. Namun untuk tahun ada penilaian berdasarkan kinerja dosen,” jelas Hasriadi, Senin (19/8).

Menurut Hasriadi, ada dua hal yang menyebabkan peringkat Unila menurun, diantaranya kurangnya jumlah artikel ilmiah terindeks dan jumlah sitasi per dosen.

Diketahui, penurunan peringkat Universitas Lampung ini telah terjadi dalam tiga tahun terakhir. Dimana pada tahun 2017, Unila berada di peringkat 18, menurun menjadi peringkat 21 pada tahun 2018. Puncaknya, peringkat Unila merosot tajam pada tahun 2019 menjadi 46 nasional.(tim)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.