FKMTHI Gelar Simposium Nasional Tafsir Hadits di Lampung


KATALAMPUNG.COM - Simposium Nasional Tafsir Hadits Indonesia bertema Moderasi Beragama dan Perdamaian Dunia dalam rangka Harlah FKMTHI ke 19 digelar Senin (23/09) di GSG UIN Raden Intan Lampung.


FKMTHI Gelar Simposium Nasional Tafsir Hadits di Lampung


Acara tersebut menghadirkan narasumber Rektor UIN RIL Prof. Dr. Moh Mukri, M.Ag dan Ketua Umum PP Muhammadiyah (2005-2015) Prof. Dr. K.H Din Syamsudin, M.A. Selain itu hadir juga Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim.

Ketua Pelaksana Kegiatan Ahmad Faqih mengatakan, tujuan dari digelarnya acara ini agar peserta tidak melewati batas dalam membuat pemikiran terhadap Al Qur'an dan Hadits. Selain itu bertujuan untuk mengenalkan FKMTHI di Indonesia.

Menurutnya, pertemuan dihadiri 150 peserta perwakilan dari mahasiswa Tafsir Hadits di Jawa dan Sumatra. Dengan berbagai rangkaian acara, Simposium akan dilaksanakan hingga 25 September 2019. Pada kegiatan tersebut juga dipilih satu mahasiswa untuk mendapatkan doorprize tour ke tiga negara dari Mahakam Tour.

"Kami ingin mengembalikan tujuan hidup kepada Al Qur'an dan Hadits, simposium ini menghadirkan tokoh dari dua organisasi besar yaitu NU dan Muhammadiyah, harapanya membuka wawasan terhadap Tafsir Hadits," jelasnya.

Sementara, Partnership ACT Lampung Herri Arief Rahman memanfaatkan kesempatan yang diberi panitia untuk memaparkan isu kemanusiaan terkini yaitu kabut asap akibat karhutla.

Di tengah ratusan delegasi simposium, Ia mengajak peserta simposium untuk lebih peduli terhadap warga terdampak kabut asap di Riau dan Kalimantan. Menurutnya, hingga kini ratusan warga terus mendatangi posko layanan kesehatan untuk mendapatkan layanan uap oksigen, masker gratis dan layanan lainya.

"Kabut asap telah menimbulkan dampak kesehatan, hilangnya mata pencaharian dan masalah sosial lainya, untuk itu diharapkan mahasiswa menjadi motor penggerak kepedulian dengan melakukan penggalangan dana dan menyumbangkan rezekinya," pungkasnya.
Diberdayakan oleh Blogger.