UKPM Teknokra Akan Selenggarakan Workshop Hoax Busting and Digital Hygiene


KATALAMPUNG.COM – Massifnya pemberitaan hoax, menimbulkan keresahan di masyarakat. Tetapi, tanpa diketahui masyarakat luas, Google memiliki tools yang bisa mendeteksi sebuah berita hoax atau fakta.


UKPM Teknokra Akan Selenggarakan Workshop Hoax Busting and Digital Hygiene


Untuk mengedukasi masyarakat tentang cara mendeteksi berita hoax tersebut, Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Google News Initiative akan menyelenggarakan Workshop Hoax Busting and Digital Hygiene di Ruang Sidang, Lantai 4 Gedung Rektorat, Sabtu (21/09) besok.

Workshop yang dibuka untuk umum ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang cara mendeteksi berita hoax yang beredar melalui tools yang terdapat di Google.  Kegatan yang diadakan serentak di 20 kota di Indonesia ini, tidak dipungut biaya untuk mengikuti pendaftaran.

Ketua Pelaksana, Fahimah Andini mengatakan, workshop ini menghadirkan pemateri dari AJI Bandar Lampung, Dian Wahyu dan AJI Palembang, Ibrahim Arsyad.

“Saat ini ada sekitar 70 peserta yang sudah mendaftar melalui daring, peserta baik dari umum maupun mahasiswa Unila. Meskipun kegiatan ini didominasi oleh mahasiswa Unila,” ucapnya.

Pemimpin Umum UKPM Teknokra Alfanny Pratama Fauzi menuturkan, saat ini kebebasan media digunakan untuk menyebarkan berita bohong. Maraknya berita Hoax mengakibatkan masyarakat awam membagikan berita tersebut tanpa mengetahui kejelasannya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini peserta dapat memilah dan memilih berita yang layak dikonsumsi dan disebar luaskan,” ujarnya.(rls/teknokra)
Diberdayakan oleh Blogger.