BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi ke 40 Aparat Pekon di Pringsewu


KATALAMPUNG.COM - Sebanyak 40 aparat pekon dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pringsewu, Kecamatan Gadingrejo dan Kecamatan Ambawara mengikuti sosialisasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi aparat pekon. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu H. Fauzi, di aula Kolam Renang Paris, Pajaresuk, Pringsewu, Senin (28/10/19).


BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi ke 40 Aparat Pekon di Pringsewu


Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung Heri Subroto dalam sambutannya mengatakan ada empat program BPJS ketenagakerjaan, yaitu, jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan hari tua (JHT) dan jaminan pensiun (JP).

"Acara hari ini, dalam rangka mengedukasi dan menyosialisasikan program BPJS ketenagakerjaan. Karena sampai saat ini pekon yang sudah menjadi peserta kita masih sangat sedikit. Sementara mereka punya resiko yang harus dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Mudah-mudahan selesainya sosialisasi ini semua perangkat pekon di Pringsewu sudah terdaftar menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan," harap Heri.

Sengaja kita hari ini, lanjut Heri, mengundang Pemda yang diwakili oleh Wabup, Kejari Pringsewu untuk kita sinergikan. "Semoga perangkat pekon tidak ragu lagi menggunakan anggaran desa untuk membantu, ikut atau membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan. Hari ini kita mendorong supaya perangkat desa tidak ragu untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," lanjutnya.

Kemudian Kajari Pringsewu Asep Sontani dalam sambutannya mengatakan, pada kegiatan sosialisasi terpadu ke peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan, keselamatan, kenyamanan dan kesejahteraan bagi seluruh klaim dan juga perangkatnya.

"Serta guna meningkatkan produktifitas tenaga pekerja agar dapat beraktivitas kerja yang baik dan berdasarkan peraturan perundangan-undangan. Salah satunya adalah Permendagri no 20 tahun 2018 tentang pengelolaan DD karena di Kabupaten Pringsewu ini masih banyak Pekon yang belum mendaftarkan program BPJS Ketenagakerjaan. Saya berharap Kejari Pringsewu mendapatkan kuasa khusus dari BPJS ketenagakerjaan untuk Kepala Pekon dan perangkat pekon agar bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan", harap Kajari Pringsewu.

Kemudian Wabup Pringsewu Fauzi dalam sambutan sekaligus membuka acara sosialisasi mengatakan, sampai saat ini baru ada dua pekon dari dua kecamatan yang sudah mengikut sertakan aparat pekonnya pada program BPJS ketenagakerjaan. Yaitu, Kecamatan Banyumas, di Pekon Sinar Mulya dan Kecamatan Gadingrejo di Pekon Panjerejo.

"Saya berharap nantinya pada Kakon agar mengikuti amanah tersebut dan menganggarkan kegiatan pada BPJS Ketenagakerjaan. Selain mengikuti peraturan juga membuat semangat aparatur pekon," kata Fauzi.

Fauzi juga berharap kalau desa sudah jadi mendaftarkan perangkat pekonnya maka itu menjadi Pekon sadar BPJS ketenagakerjaan. "Saya  minta tahun 2020 seluruh pekon di Kabupaten Pringsewu menjadi pekon yang sadar BPJS ketenagakerjaan," tandasnya.(*)
Diberdayakan oleh Blogger.