Mahasiswa KKN Unila Kerjasama Bangun Perpustakaan Kecamatan di Rawajitu Utara

KATALAMPUNG.COM - Mahasiswa KKN Unila Periode 1 bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Rawajitu Utara membangun Perpustakaan Kecamatan guna meningkatkan Literasi Membaca masyarakat di Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji.


Mahasiswa KKN Unila Kerjasama Bangun Perpustakaan Kecamatan di Rawajitu Utara


Menurut Sekretaris BP-KKN Unila Suparman Arif, pengadaan perpustakaan tersebut didasari dari pengamatan mahasiswa serta laporan dari pihak Pemerintah Kecamatan Rawajitu Utara. Hal ini disinyalir rendahnya pendidikan Rawajitu Utara yaitu lulusan SD ke bawah berdasarkan profil Kecamatan Rawajitu Utara, dengan pembagian masyarakat yang mayoritasnya petani dan nelayan.

"BP-KKN Unila mendukung Program Perpustakaan demi kebermanfaatan masyarakat sebagai esensi Tridarma Perguruan Tinggi mahasiswa. Kami berikan apresiasi yang tinggi terhadap mahasiswa yang ikut berperan dalam pengadaan Perpustakaan Kecamatan Rawajitu Utara," ujar Suparman Arif, Senin (10/02).

Sementara, Samijo selaku Camat Rawajitu Utara mengatakan, perpustakaan itu ditujukan untuk siswa sampai masyarakat pada umumnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan baik di bidang pendidikan maupun pertanian, perikanan, dan sosial

"Tujuan pengadaan perpustakaan ini yaitu agar kantor camat sebagai sumber ilmu, inovasi, dan inspirasi serta kantor camat Rawajitu Utara milik masyarakat. Masyarakat tidak canggung dan tetap pada koridor etika," terang Samijo.

Salah satu mahasiswa KKN yang juga Ketua Pelaksana kegiatan, Fadli Adam Karim, mengatakan, pengadaan perpustakaan tersebut merupakan bentuk pengaplikasian dan pengabdian sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi.

"Kami selaku Mahasiswa memilikitanggung jawab dan perpustakaan ini adalah bentuk pengabdian kami selaku mahasiswa Indonesia," ujar mahasiswa jurusan Akuntansi ini.

Mahasiswa KKN Unila Kerjasama Bangun Perpustakaan Kecamatan di Rawajitu Utara


Fadli menambahkan, pengadaan perpustakaan ini dilaksanakan dengan mengalihfungsikan gedung aula kecamatan sebagai Gedung perpustakaan itu sendiri. “Sejauh ini progressnya mulai merenovasi gedung dan penyiapan fasilitas seperti rak-rak buku, meja baca, serta pengumpulan buku dari berbagai kalangan, baik Pemerintah, Swasta, dan perseorang.”

“Untuk memaksimalkan penghimpunan buku, kami membuat akun media sosial instagram @hima_seru . Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin menghibahkan bukunya bisa melalui kontak yang tercantum di akun media sosial tersebut,” ucapnya.
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.