Pemprov Lampung Lakukan Rapid Test Covid-19 Kepada Puluhan Jurnalis

KATALAMPUNG.COM - Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kesehatan Provinsi Lampung melakukan Rapid Test covid-19 kepada puluhan Jurnalis yang biasa melakukan peliputan di lingkungan Pemprov. Kegiatan Rapid test berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Jalan Dr. Susilo, Kota Bandar Lampung, Rabu (6/5/2020).

Pemprov Lampung Lakukan Rapid Test Covid-19 Kepada Puluhan Jurnalis

Dengan protap kesehatan menjaga jarak untuk melakukan pengecekan suhu tubuh dan menggunakan handsanitizer. Sebelum rapid test, puluhan awak media tersebut berbaris rapih satu persatu sekaligus mengisi absen urutan.

Kemudian para wartawan dipanggil sesuai nomor urut untuk menjalani rapid test oleh petugas kesehatan.

Rapid test tersebut merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus. Prosedur pemeriksaan rapid test dimulai dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibodi akan diteteskan di tempat yang sama. Hasilnya akan berupa garis yang muncul 10-15 menit setelahnya.

Hasil rapid test yang dilakukan tersebut menyatakan antibodinya baik dan tidak terpapar Virus Corona Disease 2019 atau Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi global.

Petugas secara bergantian juga mengumumkan hasilnya yang hanya sekitar 5 menitan pasca dilakukan tes.

Raut muka dari para wartawan ini terlihat senang karena hasil yang ditunjukan non reaktif (negatif).

Cholik, salah satu jurnalis media online di Bandar Lampung (katalampung.com) mengatakan dirinya sangat senang dengan adanya tes ini. “Lega dong, saya senang artinya saya terbebas dari corona,” katanya.

“Alhamdulillah sehat, tadi dapet urutan nomor 13. Hasilnya negatif, kegiatan ini memang diharapkan untuk digelar. Semoga masyarakat juga bisa dilakukan pengecekan, supaya masyarakat bisa tenang,” katanya.(***)
Diberdayakan oleh Blogger.