Basarnas Lampung Bersama Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Hanyut di Aliran Sungai Gunung Camang Bandar Lampung


KATALAMPUNG.COM - Basarnas Lampung bersama Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban hanyut di Aliran Sungai Gunung Camang Bandar Lampung, Selasa (02/06). Korban atas nama Arjio Pratama (10) merupakan warga Jl. Jati Dalam, Kel. Tanjung Agung, Kec. Kedamaian, Kota Bandar Lampung.


Arjio Pratama dilaporkan hanyut terbawa arus sungai Gunung Camang pada Senin (01/06) pukul 13.30 WIB. Korban dikabarkan hanyut saat bersama rekan-rekannya sedang mandi di aliran sungai tersebut saat turun hujan.

Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban pada Senin (01/06) dengan menyisir aliran sungai Gunung Camang sampai radius 7 km. Selain itu tim SAR gabungan juga melakukan pemantauan di Pelabuhan Panjang yang merupakan muara dari aliran sungai tersebut. Namun, hasil pencarian di hari pertama masih belum membuahkan hasil.

Pada hari Selasa (02/06) Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian mulai pukul 06.00 WIB. Tim SAR gabungan dibagi dalam 4 SRU dengan menyisir kembali dari titik awal kejadian mengikuti aliran sungai menuju muara yang berjarak ± 10 km.

Kepala Basarnas Lampung Melalui PLT Kasie Operasi Denny Mezzu menyatakan, korban ditemukan pada pukul 12.30 WIB di koordinat 05°25’42” S - 105°17’29” E sekitar ± 7 km dari titik awal kejadian dalam kondisi meninggal dunia. Selanjutnya korban dievakuasi dan dibawa ke rumah duka untuk diserahkan ke pihak keluarga.

“Dari beberapa kasus korban hanyut yang terjadi akhir-akhir ini mayoritas korbannya adalah anak kecil. Kami mengimbau agar masyarakat yang memiliki anak kecil atau usia dini supaya lebih memperhatikan lagi kegiatan mereka di saat hujan deras turun karena tanpa disadari hujan deras tersebut bisa menjadi musibah buat kita,” Denny Mezzu.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi pencarian ini terdiri dari Basarnas Lampung, BPBD Kota Bandar Lampung, Korem 043, Dit Sabhara Polda Lampung, PMI Prop Lampung, Tagana Prop Lampung, RAPI Prop. Lampung, Damkar Kota Bandar Lampung, Indonesia Escort Ambulance, Forum Rescue Relawan Lampung, pihak keluarga dan masyarakat sekitar.(hms/dde)
Diberdayakan oleh Blogger.