PKM FEB UTI Dampingi Petani dan UMKM Desa Sidodadi, Pesawaran

KATALAMPUNG.COM – Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menyelenggarakan pendampingan kepada Petani Kopi dan UMKM di Desa Sidodadi, Pesawaran, Lampung di Balai Desa setempat, Sabtu (12/9). Kegiatan ini mengangkat tema “Penguatan Aspek Kelembagaan dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Petani Kopi pada Gapoktan Sumber Murni Lampung (SML) di Kabupaten Pesawaran, Lampung".

PKM FEB UTI Dampingi Petani dan UMKM Desa Sidodadi, Pesawaran


Pada kesempatan itu, Tim PKM FEB UTI menyampaiakan 3 materi yakni Penguatan Aspek Kelembagaan Bumdes dan Hubungnnya dengan Kelembagaan Petani oleh Wendy Aprianto, M.Ec,Dev., M.Sc, Pencatatan Keuangan Sederhana Bagi Petani oleh Dhiona Ayu Nani, S.E.,M.Sc. dan Pemasaran Digital Bagi Produk Pertanian oleh Defia Riski Anggraini. S.E., M.Si.

Acara yang dibuka oleh Kepala Desa Sidodadi Rudi, berlangsung cukup aktraktif dan dialogis. Sebanyak  40-an Petani Kopi dan terdapat beberapa petani dengan usaha lainnya seperti leyeh dan kripik serta dihadiri Direktur BUMDes setempat.

Acara ini merupakan bentuk pengabdian kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) kepada mayarakat, sebagai bentuk sumbangsih ilmu pengetahuan di kampus agar mampu diterapkan oleh masyarakat desa setempat terutama Desa Sidodadi.

“Kami berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan mampu mendorong penguatan aspek kelembagaan kelompok tani atau unit usaha lain di desa demi mendongkrak skala ekonomi sehingga mampu mendorong peningkatan PAD desa. Dengan peningkatan PAD desa maka kesejahtraan masyarakat akan tercipta serta diharapakan terjadi penuruan angka kemiskinan di Desa,” ujar Wendy sebagai Ketua Tim PKM FEB UTI.

Selain itu, dengan adanya pelatihan keuangan sederhana bagi petani serta pemasaran digital diharapkan masyarakat desa mampu melakukan pencatatan keuangan yang baik sehingga mampu mengelola keuangan usahanya dan dapat pula memasarkan produknya secara digital, ungkap Dhiona, sebagai anggota tim PKM FEB UTI.

Senada dengan itu, Defia mengungkapkan bahwa PKM FEB UTI diharapkan mampu menjadi lokomotif pembangunan desa, Kami pun berterima kasih kepada Bapak Rektor Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA, serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) sehingga acara ini bisa berlangsung dengan baik dan berjalan dengan sangat optimal,” katanya.

Acara ini disambut baik oleh Ketua Kelompok Tani Sumber Murni Lampung (SML) Sunardi. Ia berharap acara ini dapat dilakukan oleh Universitas Teknokrat Idonesia (UTI), dan pendampingan yang dilakukan mampu meningkatkan kemampuan petani dan dapat mengelola hasil panennya secara maksimal sehingga mampu mensejahterakan masyarakat desa.(***)

Diberdayakan oleh Blogger.