Perry Warjiyo: Inflasi 2020 Diprakirakan Tetap Terkendali, Meskipun Lebih Rendah Dari Batas Bawah Target

KATALAMPUNG.COM - Inflasi 2020 diprakirakan tetap terkendali, meskipun lebih rendah dari batas bawah target inflasi sejalan permintaan domestik yang belum kuat, di tengah pasokan barang dan jasa yang tetap memadai dan diprakirakan kembali ke dalam sasarannya 3,0% ± 1% pada 2021.

Perry Warjiyo: Inflasi 2020 Diprakirakan Tetap Terkendali, Meskipun Lebih Rendah Dari Batas Bawah Target


Hal ini disampaikan pada kesempatan yang sama oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, saat Rakornas Pengendalian Inflasi secara virtual, Kamis (22/10/20)

Perry juga secara khusus menyampaikan apresiasi atas sinergi berbagai pemangku kebijakan sehingga inflasi tetap terkendali sesuai dengan perkembangan perekonomian di era pandemi COVID-19 pada 2020.

"Inflasi yang terkendali menjadi momentum untuk meningkatkan peran UMKM dalam memperkuat rantai pasokan lokal (local supply chain) dengan mengoptimalkan pesatnya digitalisasi," jelas Perry.

Kemudian, peningkatan peran UMKM dapat terus dilakukan melalui pengembangan korporatisasi, peningkatan kapasitas dan penyediaan pembiayaan, serta pemanfaatan teknologi digital.

"Ke depan, Bank Indonesia, Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah terus berkomitmen melakukan sinergi untuk mengembangkan ekosistem digital UMKM secara terintegrasi dari hulu hingga hilir, sehingga dapat mempercepat transformasi UMKM," tutupnya.(***)

Diberdayakan oleh Blogger.