Dwita Ria Serap Aspirasi Pelaku Ekraf di Lampung Timur

KATALAMPUNG.COM - Ir. Dwita Ria Gunadi, Anggota Komisi X DPR RI, Fraksi Partai Gerindra melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka reses di Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. Dwita Ria beserta rombongan, mengujungi Lampung Etnik, guna melakukan penyerapan aspriasi pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

Dwita Ria Serap Aspirasi Pelaku Ekraf di Lampung Timur


Kehadiran Dwita Ria disambut hangat oleh para pelaku ekraf. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, Dwita hadir di tengah para pengrajin tapis Lampung.

Para pelaku ekraf menyampaikan aspirasi mereka, terkait dengan pendampingan usaha pasca pandemi Covid-19. Menanggapi hal tersebut, Dwita Ria menuturkan, dia akan membawa aspirasi para pelaku ekraf langsung kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dwita Ria juga memberikan motivasi dan masukan kepada Pengrajin Lampung Etnik, agar produk yang mereka hasilkan memiliki ciri khas. Sehingga siapapun yang menikmati produknya memiliki kesan dan bangga, Ohh yang seperti ini pasti buatan Lampung Etnik" ujar Dwita Ria.

Dwita Ria Serap Aspirasi Pelaku Ekraf di Lampung Timur


Menurutnya, tanpa ciri khas yang kuat, akan sulit menjadi produk unggulan, tapi jika ada ciri khas, contohnya motif tapis yang sudah jarang di produksi seperti tapis kaca, maka orang tertarik memilih produk Lampung Etnik. Contoh lain yang diberikan Dwita Ria, seperti dalam penggunan tapis unk kombinasi misalnya di baju, tas, taplak meja jangan terlalu penuh, sedikit saja tapi cantik.

Dwita Ria menyebut, apa yang sudah dilakukan Lampung Etnik, dengan melakukan pemberdayaan untuk masyarakat sekitar sudah sangat baik. "Jangan cepat puas, terus berinovasi. Jangan lelah membantu lingkungan yaa," kata Legislator Gerindra tersebut.

Menurut Dwita Ria, ada banyak kolaborasi yang bisa dibangun kedepannya. Dwita Ria berencana meminta ada pendampingan ataupun pelatihan untuk Lampung Etnik, terutama terkait motif serta inovasi produk (desain) sehingga tidak monoton sesuai selera zaman dan pasar.

Dwita Ria pada kesempatan ini juga melihat taman baca yg ada di Lampung Etnik, berdialog dengan anak anak dan siswa SMK yang bekerja di Lampung Etnik.

Dwita Ria mengharapkan anak-anak terus mempunyai cita-cita yang tinggi, yang melanjutkan kuliah jangan khawatir bisa dilakukan sambil bekerja. Cari kampus yang dekat saja, nanti dicarikan beasiswa. Dengan pendidikan tinggi, kalian bisa jadi katalisator perubahan di masyarakat," ucapnya.(***)

Diberdayakan oleh Blogger.