Pemprov Lampung Bantu Petani Kakao

KATALAMPUNG.COM - Kadis Perkebunan Provinsi Lampung, Chrisna Putra, melakukan kunjungan ke Desa Margodadi Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran, Selasa (29/06).

Pemprov Lampung Bantu Petani Kakao


Kegiatan ini dimaksudkan untuk meninjau secara langsung, pembinaan yang dilakukan oleh PT. Olam kepada petani kakao. Selain itu juga dilakukan pemberian bantuan berupa bibit kakao varietas MCC dan Sulawesi.

PT. Olam merupakan Perusahaan yang berkecimpung dalam dunia Agrobisnis. Kegiatan usaha PT. Olam diantaranya ekspor biji kakao dan kopi, dan melakukan pembelian biji kakao. PT. Olam juga melakukan program pengembangan kakao, meliputi pembinaan, infrastruktur dan demplot.

Dalam kegiatan tersebut, Chrisna Putra menyempatkan untuk berdiskusi dengan petani binaan dan pihak PT. Olam di lokasi pembibitan, khususnya mengenai pengembangan kakao di Provinsi Lampung. Selanjutnya, Chrisna Putra meninjau lokasi demplot kakao PT. Olam dan peremajaan kakao yang sudah dilakukan petani kakao.

Dalam diskusi diketahui, kendala yang dihadapi para petani di lapangan adalah ketersediaan pupuk sehingga bantuan bibit yang telah diberikan oleh PT. Olam belum memberikan hasil yang maksimal.

Untuk itu Dinas Perkebunan Provinsi Lampung bekerjasama dengan PT. Olam, akan memberikan bantuan kepada para petani melalui program Kartu Petani Berjaya, sehingga kendala yang dihadapi petani kakao dapat teratasi. Diharapkan melalui sinergitas program, akan mampu meningkatkan produktivitas dan harga kakao di Provinsi Lampung.

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Profesional Nursery Park milik PT. Olam yang dikelola oleh koperasi yang merupakan mitra program PT. Olam dan Cocoa Life Mondelez Internasional. Lokasi kegiatan berada di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Lokasi ini merupakan pusat pembibitan untuk memelihara varietas MCC dan Sulawesi dan mampu menampung 50.000 bibit kakao selama 1 tahun, menghasilkan 100.000 bibit kakao untuk diberikan kepada petani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Manager Sustainability PT. Olam Area Sumatera Hani Lismora Idrus, Koordinator Coco Life Area Lampung Didik Daniardi, dan Kasie Pembiayaan, Investasi dan Pembinaan Usaha Dinas Perkebunan Provinsi Lampung. (kmf)

Diberdayakan oleh Blogger.