Akademisi Unila Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Kunjir

KATALAMPUNG.COM – Tiga Akademisi Universitas Lampung menggelar pengabdian masyarakat pada kelompok usaha rengginang di Desa Kunjir, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, secara blended (Online dan Offline, red) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), Sabtu, 11 September 2021.

Akademisi Unila Gelar Pengabdian Masyarakat  di Desa Kunjir


Menurut Dr. Fitra Dharma, SE, M.Si., pelatihan terhadap para pengusaha rengginang ini difokuskan pada pengelolaan keuangan dan digital marketing.

“Diharapkan setelah pelatihan ini UMKM di sekitar Desa Kunjir lebih disiplin melakukan pencatatan keuangan dan mengelola uang dengan bijak agar usaha bisa berkembang,” ujar Fitra.

Ia menyarankan kepada para peserta agar uang hasil usaha tidak dipakai untuk hal-hal yang konsumtif, seperti memenuhi keinginan hidup, bukan kebutuhan hidup.

Akademisi Unila Gelar Pengabdian Masyarakat  di Desa Kunjir


Selain keterampilan Manajemen Kuangan, Fitra mengimbau kepada para pelaku UMKM untuk memiliki keterampilan Digital Marketing. Apalagi dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini.

“Di era digital ini, UMKM harus dibekali dengan keterampilan digital marketing. Apalagi di sekitar Desa Kunjir ada banyak objek wisata. Penting bagi mereka untuk memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Istagram dan WhatsApp untuk mempromosikan dan menjual barang dan jasa yang mereka miliki,” kata Fitra.

Diberdayakan oleh Blogger.